Makan Siang Bukan Penyebab Ngantuk, Ini Penyebabnya

Rabu, 17 Juli 2019 - 18:29:41 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Anda pasti pernah merasa mengantuk setelah makan siang. Banyak orang mengira rasa kantuk ini disebabkan oleh makan siang.

Padahal makan siang tidak ada hubungannya dengan rasa kantuk Anda setelahnya. Rasa kantuk ini disebabkan oleh perubahan suhu tubuh.

Penelitian yang dilansir dari Mirror menyatakan bahwa suhu tubuh kita akan mengalami penurunan antara jam 1 siang hingga 3 sore. Penurunan suhu tubuh inilah pertanda waktunya tidur siang.

Sayangnya, tidak semua orang bisa tidur siang terutama bagi para pekerja. Akhirnya mereka akan cenderung memaksakan diri atau sering hilang fokus di siang hari.

Padahal ada cara yang lebih jitu untuk mencegah rasa ngantuk di siang hari setelah istirahat makan.

1. Hindari main ponsel saat istirahat makan siang
Penelitian dalam jurnal akademis Computers in Human Behavior menemukan orang yang bermain ponsel saat istirahat makan siang justru akan merasa lebih lelah dan ngantuk secara emosional.

Memori dituntut bekerja menangkap informasi saat waktunya istirahat yang menyebabkan kelebihan beban dan kecemasan. Karena itu gunakan waktu istirahatmu dengan tenang.

2. Berenang
Peregangan tubuh dengan cara berenang juga dipercaya dapat mencegah rasa ngantuk dan lelah di siang hari saat bekerja.

Selain itu, berenang juga terbukti meningkatkan energi, detak jantung dan memperlancar aliran darah ke otak yang membantu Anda tetap fokus.

3. Permen Karet
Mengunyah membantu Anda tetap terjaga, termotivasi dan fokus lebih lama. Penelitian dalam British Journal of Psychology menemukan mengunyah permen karet telah terbukti meningkatkan denyut jantung dan aliran darah ke otak agar tetap fokus dan tidak mengantuk.

4. Berkedip
Sebuah penelitian di Jepang menemukan ketika orang berkedip akan membantu terjadinya penurunan daya alias menjaga otak tetap fokus.

Karena, berkedip bisa memberikan efek ke otak seperti tidur siang dalam waktu sesaat. Di sisi lain, orang yang terlalu fokus bekerja di depan layar komputer cenderung jarang sekali berkedip yang akhirnya membuat ngantuk.

5. Pilih makanan berenergi
Saat siang hari pilihlah makanan atau camilan yang menggabungkan karbohidrat sederhana dan kompleks, tinggi serat, protein dan tanpa lemak yang membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin.

Pilihan makanan ini membantu Anda agar berenergi lebih lama. Anda bisa mengonsumsi apel, roti dengan selai kacang atau biji bunga matahari (kuaci). [mer]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT