Kalsel Siapkan Lahan 300 Ribu Hektar untuk Ibukota Baru

Senin, 15 Juli 2019 - 17:08:01 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kalimantan Selatan bersiap menjadi lokasi baru ibu kota negara menyusul rencana pemerintah pusat memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar pulau Jawa. Untuk itu, pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menyiapkan lahan sekitar 300.000 hektar.

Kesiapan Kalsel menjadi ibu kota negara disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam acara Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara: Kalimantan untuk Indonesia “Menuju Ibu Kota Masa Depan: Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable” yang diselenggarkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Banjarbaru, Senin (15/7/2019).

“Kami sudah menyiapkan lahan kurang lebih 300.000 hektar di dua titik. Di mana dua titik itu masih kami rahasikan, karena ini masih dalam proses penilaian dan kajian,” kata Sahbirin.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu berharap lokasi yang disiapkan bisa memenuhi kriteria sebuah ibu kota negara sehingga dilirik oleh pengambil kebijakan di pusat. Tim dari pemprov juga sudah menyiapkan segala sesuatu diperlukan dalam rangka mendukung tim pusat yang melakukan kajian.

“Untuk jadi ibu kota, Kalsel jelas siap. Kami juga berupaya semaksimal mungkin menyiapkan apa yang jadi kebutuhan sebuah ibu kota negara. Namun, semua tetap diserahkan kepada Bapak Presiden untuk memutuskan,” tuturnya. [kmc-mer]
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT