HUT Bhayangkara, Plt Bupati Asahan Bacakan Amanat Presiden

Kamis, 11 Juli 2019 - 15:36:51 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke 73, Plt. Bupati Asahan menjadi inspekstur upacara pada kegiatan yang dilaksanakan dilapangan Adhi Pradana Polres Asahan, Rabu (10/7/2019).

Sebagai inspektur upacara, Plt. Bupati Asahan, Surya membacakan pidato Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke 73 bagi seluruh personil Polri dimanapun berada.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras personil Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian, Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan para personil Polri yang gugur dalam menjalankan tugasnya dan memberikan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan.

Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, sepanjang tahun 2018 hingga 2019 terpelihara dengan baik.

Dijelaskannya, Polri dan TNI telah mengamankan perhelatan internasional yang diselengarakan pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018 juga telah mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, sehingga terselenggara dengan, aman, damai dan demokratis.

Juga terhadap seluruh agenda kemasyarakat yang dapat terselenggarakan dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, tahun baru 2019 hingga Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Begitu juga dengan kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan balik juga berjalan dengan lancar.

Selain itu, Polri juga turut serta dalam penanggulangan bencana yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Jokowi menilai kinerja Polri dalam mengungkap berbagai kejahatan dianggap sukses, mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan berimplikasi kontijensi dan kejahatan terhadap kekayaan. Polri juga telah berhasil mengungkap kerugian negara sebesar 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar 2,3 triliun.

Melalui hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Polri juga telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan, hingga Polri meraih opini wajar tanpa pengecualian dari BPK selama 6 tahun berturut-turut.

Demikian juga melalui laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Polri berhasil mewujudkan 69 zona integritas, yang terdiri dari 64 satker dengan predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan 5 satker dengan predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Hal ini merupakan Polri menempati posisi ke 2 Kementerian/Lembaga dengan zona integritas setelah Kementerian Keuangan.

Polri juga menjadi salah satu kepercayaan publik setelah KPK dan TNI. Namun, Jokowi meminta kepada Polri agar tidak cepat berpuas diri, melainkan menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Terorisme dan Radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas dalam negeri, juga kemajuan teknologi yang mendorong semakin besarnya kejahatan di bidang siber.

Mengakhiri pidatonya, Jokowi memberikan 5 instruksi kepada Polri, diantaranya Pertama, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung Indonesia Emas 2045. Kedua, tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah dan cepat. Keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum. Kelima, perkuat kerjasama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Selanjutnya, Plt. Bupati Asahan bersama unsur Forkopimda Kabupaten Asahan memotong nasi tumpeng dan memberikannya kepada Kapolres Asahan sebagai tanda pemberian ucapan selamat kepada Polri yang telah sampai pada usia ke 73 tahun.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Dandim 0208 Asahan, Kajari Asahan, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan dan Ormas. (Tums)

 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT