BNPB Minta Polri Tindak Pembakar Lahan di Riau

Rabu, 10 Juli 2019 - 18:25:37 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, meminta jajaran Polri di provinsi Riau menindak tegas pelaku pembakar hutan dan lahan di Riau.

"Jajaran Polri di Riau harus berani menegakan hukum kebakaran hutan dan lahan," tegas Doni Monardo saat memberikan pengarahan pada acara tatap muka Kepala BNPB dengan Pemda se-Riau, Rabu (10/7/2019) di Gedung Daerah Pekanbaru.

Doni mengatakan, ia sudah menyampaikan persoalan-persoalan di lapangan kepada Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

"Namun penegakan hukum dilakukan merupakan langkah terakhir, setelah adanya langkah kesejahteraan dan persuasif," ujarnya.

Penegasan Kepala BNPB bukan tanpa alasan, karena 99 persen penyeban kebakaran lahan di provinsi Riau disebabkan oleh manusia.

"Saya tak khawatir menyebut kebakaran dilakukan manusia. Karena ini fakta, baik itu laporan dari pakar dan yang saya lihat sendiri," tegasnya.

Lanjut Doni, penyebab kebakaran 99 persen diakibatkan manusia, maka penyelesaian harus dilakukan pendekatan kepada manusia yang melakukan pembakaran lahan itu.

"Saya yakin persoalan kebakaran lahan di Riau bisa kita atasi. Mari kita bersatu mengatasi kebakaran ini, baik LSM, kampus, tokoh masyarakat dan dunia usaha harus bersatu mencegah kebakaran di Riau," katanya. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT