Inilah Usaha Sampingan Dengan Hasil Cukup Besar

Ahad, 07 Juli 2019 - 10:38:16 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Menjadi pekerja kantoran, bukan berarti tidak bisa mendapatkan uang tambahan. Perkembangan teknologi dan informasi membuat pekerjaan tidak hanya di seputar perkantoran melainkan bisa juga dari rumah.

Memiliki usaha sampingan pun bisa dijadikan ajang untuk menyalurkan hobi yang biasanya tidak sempat dilakukan saat di kantor.
Berikut beberapa ide usaha sampingan yang bisa dilakukan: 

1. Penulis Lepas 

Bagi ada anda yang menyukai menulis, usaha sampingan ini pasti tidaklah sulit karena hanya bermodalkan internet, laptop dan kreativitas.
Anda bisa menjadi penulis lepas untuk media dalam negeri atau media asing, dan menyalurkan hobi menulis Anda. Setiap artikel yang diterbitkan bisa mendapatkan bayaran tergantung dari kebijakan perusahaan.

2. Jualan Kue

Untuk Anda yang suka membuat kue, manfaatkanlah hobi ini sebagai usaha sampingan. Membuat kue bisa menjadi relaksasi di tengah kesibukan bekerja di kantor atau rutinitas di rumah. Apalagi jika anda bisa berkreasi untuk membuat menu-menu kue yang biasa menjadi luar biasa. 

Menjual pun tidak sulit, perkembangan media sosial bisa membuat anda memiliki toko kue tanpa adanya bentuk fisik toko. Anda bisa memasarkannya melalui Instagram ataupun Facebook. Pengiriman ke konsumen pun bisa memanfaatkan jasa ojek online. 

3. Buka Les Private

Menjelang ujian nasional atau kenaikan kelas, biasanya para siswa membutuhkan tambahan belajar untuk memperdalam materi. Mata pelajaran yang diminati seperti matematika, fisika, kimia, dan bahasa asing.

Saat-saat inilah guru les private dibutuhkan. Menjadi guru les private pun memiliki fleksibilitas waktu dan tempat. Anda juga tidak terikat pada ketentuan-ketentuan seperti lembaga bimbingan belajar, yang menetapkan waktu minimal kedatangan.

Mengajar les private bisa dilakukan sehabis pulang kerja atau saat akhir pekan.

4. Laundry Kiloan

Di tengah kesibukan dan aktivitas yang padat, biasanya orang-orang mencari kepraktisan. Banyak yang tidak sempat mencuci baju ataupun menyetrika sendiri, untuk itulah jasa laundry sangat dibutuhkan. 

Bisnis laundry kiloan pun sekarang sudah banyak hadir, terutama di dekat kos-kosan dan area perkantoran. Anda pun tidak perlu mengerjakan semuanya sendiri, melainkan juga bisa memperkerjakan orang lain untuk membantu.

5. Desain Grafis

Kerja sampingan sebagai desain grafis juga cocok untuk anda yang kreatif. Pekerjaan ini mirip dengan penulis lepas, yakni fleksibel dan bisa dilakukan secara remote.

Untuk menggaet klien, anda bisa memajang contoh-contoh karya di media sosial seperti instagram. Lebih bagus bagi jika anda memiliki gabungan portofolio di situs khusus, dan range harga yang jelas.

6. Penerjemah

Jika anda fasih bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Korea ataupun bahasa lainnya. Manfaatkanlah kemampuan tersebut dengan menjadi penerjemah terpercaya sebagai usaha sampingan. Pasalnya jasa ini masih sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor usaha atau perorangan.

Penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula.Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan relatif mahal tarifnya. Bagi pemula, sebaiknya anda mulai saja dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

7. Jasa Titip

Jasa titip cocok sebagai usaha sampingan anda yang suka traveling. Selagi jalan-jalan, anda bisa membelikan barang-barang pesanan konsumen, yang kemudian dikirimkan lagi dengan tambahan ongkos kirim dan jasa. Biasanya yang populer masuk jasa titip adalah make up, skin care, makanan, baju ataupun sepatu.

Konsumen biasanya mencari barang-barang yang tidak masuk Indonesia, dan hanya ada di negara-negara tertentu. Pemasarannya pun mudah, hanya dengan media sosial seperti Instagram ataupun Facebook. [cnbc-mer]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT