FB, WA dan IG Down, Ini Kata Mark Zuckerberg 

Kamis, 04 Juli 2019 - 12:20:14 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Facebook, WhatsApp, dan Instagram sempat kompak error bareng Rabu (3/7/2019) malam WIB. Ini kata Facebook mengenai hal tersebut.

Ketiga layanan dari perusahaan digital milik Mark Zuckerberg itu mengalami gangguan secara global sehingga para penggunanya pun kembali ribut di Twitter. Mereka tak bisa mengakses sejumlah fitur seperti susah kirim gambar di WhatsApp, masalah Direct Message, notifikasi, download gambar, hingga me-refresh timeline.

Menurut situs Down Detector pada saat gangguan terjadi, kawasan yang paling parah terimbas merupakan wilayah Eropa dan Amerika Serikat. Sedangkan untuk Indonesia ada sebagian kecil yang terdampak.

Sementara untuk WhatsApp, laporan yang masuk ke Down Detector paling banyak berasal dari negara-negara Amerika Latin seperti Brasil, Argentina, dan Kolombia. Sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia pun turut mengeluhkan masalah serupa.

Melalui akun resminya di Twitter, Facebook pun sudah memberikan pernyataan. Saat gangguan terjadi, mereka mengonfirmasi adanya masalah walaupun tidak mengaelaborasinya. Setelah gangguan sudah beres, mereka pun minta maaf atas sejumlah error di layanan keluarga besarnya.

"Sebelumnya hari ini, beberapa pengguna mengalami kesulitan dalam mengunggah atau mengirim gambar, video dan file lainnya di aplikasi-aplikasi dan platform-platform kami. Kini masalahnya telah diselesaikan dan layanan kami mestinya sudah berfungsi 100%. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Facebook.

Akun Instagram di Twitter pun memberikan permohonan yang serupa dengan menyisipkan gambar GIF kembang api.

"Kami kembali! Masalah telah diatasi dan kami harus kembali 100% untuk semua orang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," tulis Instagram di akunnya, juga tanpa mengelaborasi masalah apa yang terjadi pada layanannya.

Faktanya, dalam beberapa waktu terakhir Facebook, Instagram, dan WhatsApp sudah terpantau beberapa kali error bareng. Tak sedikit yang menduga bahwa itu berkaitan dengan rencana integrasi ketiganya -- secara spesifik Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Dugaan itu turut terpicu dengan santernya rumor bahwa Facebook memang sedang melakukan pengujian intens terkait rencana integrasi tersebut. [dth-mer]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT