7 Barang yang Harus Disiapkan Saat Membersihkan Rumah

Rabu, 19 Juni 2019 - 13:24:16 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Membersihkan rumah memang terkesan sebagai persoalan sepele, tapi kamu perlu menyiapkan peralatan yang cukup agar proses decluttering semakin mudah.

Metroterkini.com - Mengurai perabotan di rumah adalah kebiasaan yang gampang-gampang susah. Kalau kamu sudah merasa perabotanmu di rumah mulai menumpuk, biasanya lebih sulit untuk mengumpulkan niat bersih-bersih rumah. Namun, saat metode Marie Kondo sudah mulai populer, kamu juga mungkin mulai mempertimbangkan untuk mengurai barang-barang di rumah. Nah, siapkan beberapa perlengkapan berikut sebelum mulai membersihkan rumah.

1. Kantong Sampah

Kelihatannya semua perabot di rumahmu masih berharga, rasanya kamu pasti sudah membuang sampah ke tempat yang seharusnya. Namun, perabotan yang sudah lama disimpan mungkin juga sudah rusak. Jika hal ini terjadi, tentu kamu sudah tidak bisa menggunakan perabot sehingga harus dibuang. Nah, kamu sebaiknya menyiapkan kantong sampah yang cukup besar untuk kemungkinan tersebut. Kamu juga bisa mulai memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya.

2. Masker

Pastikan kamu menggunakan masker saat hendak membersihkan rumah. Meski tidak terlihat, banyak debu dan bakteri yang menumpuk di atas perabot rumahmu. Jadi, jangan sampai menganggap sepele debu dan bakteri ya, terutama kalau kamu punya alergi.

3. Kardus Bekas

Selain kantong sampah, kamu juga bisa menyiapkan kardus bekas untuk memisahkan penyimpanan barang yang ingin kamu kelompokkan. Kamu bisa menyiapkan beberapa kardus bekas untuk mengelompokkan barang sesuai dengan jenisnya. Jadi, akan lebih mudah dicari dan tidak perlu berantakan.

4. Post-it

Tandai perabotan kecil dengan post-it warna-warni. Hal ini akan mempermudah kamu untuk membedakan kepemilikan barang yang sedang kamu bereskan. Kabar baiknya, perlengkapanmu tidak akan lagi tertukar karena sudah diberi nama dan pencariannya lebih mudah karena sudah bisa dilihat berdasarkan warna.

5. Spidol

Untuk mendandai barang yang sudah dikelompokkan di dalam kardus, kamu bisa menuliskan kategori barang pada kardus. Nah, kalau pakai post-it tidak kelihatan atau kurang terlihat, tuliskan dengan menggunakan spidol. Pastikan kamu menggunakan spidol dengan warna yang jelas sehingga mempermudah pencarian saat nanti disimpan.

6. Lakban atau Selotip

Pastikan kamu menutup setiap kardus dengan benar. Jangan biarkan ada debu yang masuk ke dalam kardus yang sudah kamu simpan. Nah, untuk itulah kamu memerlukan lakban atau selotip. Kamu bisa memastikan kardus yang dipakai menyimpan barang tertutup rapat dan terlindungi dari debu yang masuk. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan selotip kecil untuk mulai mengelompokkan perabot kecil seperti pulpen atau pensil agar tidak tercecer.

7. Air Minum

Meskipun terlihat sepele, bersih-bersih rumah akan menguras energi kamu loh. Makanya, kamu harus menyediakan air minum untuk bisa melegakan dahaga di sela waktu bersih-bersih perabot rumah. Percaya deh, ketimbang kehausan dan harus ambil gelas untuk minum, lebih baik siapkan air minum di dalam tumbler yang cukup besar agar kamu tidak perlu bolak-balik saat merasa haus. Nah, bersih-bersih rumah jadi lebih cepat juga deh.

Nah, meskipun membersihkan rumah tidak semudah bayar tagihan pascabayar yang sudah bisa dilakukan lewat Traveloka, jangan ditunda lebih lama ya. Asalkan kamu sudah menyiapkan peralatan tadi, kamu akan terbiasa untuk bersih-bersih rumah dengan lebih menyenangkan.


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Cara Mendapatkan Bantuan Uang Muka Rumah

Selasa, 10 November 2015

Ini Cara Hemat Bangun Rumah

Sabtu, 28 November 2015