Malas Bersihkan Rumah, 5 Penyakit Ini Mengancam

Ahad, 16 Juni 2019 - 19:18:46 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Malas membersihkan rumah bukan cuma bisa bikin rumah ideal jadi berantakan dan enggak enak dilihat. Ternyata lingkungan yang kotor juga bisa mendatangkan ancaman kesehatan bagi keluarga sehat. Apa saja?

Ciri-ciri lingkungan bersih adalah tidak memiliki banyak debu yang menempel atau bahkan berterbangan di udara. Kalau lingkungan bersih, pastinya keluarga sehat. Tapi pernah enggak sih kepikiran sebenarnya bahaya apa yang bisa mengancam kalau kamu membiarkan rumah dalam keadaan kotor?

Alergi Kulit

Ketika ada banyak debu di dalam rumah, bisa-bisa anggota keluarga akan terserang alergi kulit. Alergi kulit karena debu sering menyerang anak-anak, tapi enggak menutup kemungkinan juga jika orang dewasa akan mengalaminya. Alergi kulit karena lingkungan yang kotor terjadi karena debu menempel ke permukaan kulit dan menyebabkannya menjadi gatal. Ketika kamu menggaruknya, kulit akan mengalami iritasi dan akhirnya terjadilah alergi kulit di beberapa bagian tubuh.

Keluarga Alami Sesak Nafas

Ukuran debu yang halus dapat masuk ke dalam hidung dan mulut dan menyebabkan gangguan di sistem pernafasanmu. Untuk kamu yang memiliki sensitifitas tinggi, debu yang masuk dalam hidung dan berakhir di paru-paru dapat menyebabkan sesak nafas berkepanjangan. 

Jika tidak ditangani, sesak nafas bisa lebih parah hingga menjadi bronchitis dan membahaya untuk kesehatanmu.

Flu Menyerang Keluarga 

Siapa di antara kamu yang sering mengalami flu dan pilek? Selain faktor cuaca dan kondisi tubuh yang sedang drop, ternyata debu juga bisa memicu timbulnya flu lho, Ladies. Debu yang berterbangan bisa membuat hidung kamu jadi sensitive dan mengalami bersin-bersin. Bahkan kotoran yang menumpuk juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan seperti batuk dan pilek yang berujung mada munculnya flu.

Menderita Diare

Lingkungan rumah yang kotor bisa juga menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare. Saat rumah kamu kotor, akan ada banyak binatang pembawa penyakit seperti lalat dan kecoa yang akan menghampiri. Ketika mereka tak sengaja hinggap di atas makanan, maka bakteri dan virus yang mereka bawa akan berpindah ke makanan. Saat kamu mengonsumsi makanan tersebut, maka siap-siap deh mengalami diare dan gangguan pencernaan lainnya.

Mata Gatal 

Pernah enggak sih kamu mengalami mata gatal karena terlalu sering terpapar debu? Yap, debu memang bisa membuat mata jadi iritasi, kemerahan dan terasa gatal. Meskipun masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan tetes mata, tapi sebaiknya kamu juga mencegahnya dengan rutin menjaga kebersihan rumah.

Salah satu cara memastikan rumah bersih dan bebas dari debu adalah dengan menggunakan air purifier. Sesuai dengan namanya, air purifier adalah alat untuk menyaring udara yang baik untuk memastikan keluarga sehat. [***]
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT