Peras Pengusaha, Tiga Oknum Wartawan Diciduk Polres Ciamis

Senin, 03 Juni 2019 - 21:11:07 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com – Enam pelaku kriminal, tiga diantaranya mengaku wartawan diciduk Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis Polda Jawa Barat dan Polsek Ciamis.

Mereka diduga memeras pengusaha bolu rumahan bolu di wilayah Imbanagara Kabupaten Ciamis.

Keenam pelaku adalah AK (39), YD (39) dan YT (53). Sedangkan tiga yang mengaku wartawan adalah AS (42) warga Jl. Ampera No.14 Panglayungan, Cipedes Tasikmalaya, HH (40) warga Dusun Tugu Desa Sukasenang, Sindangkasih Ciamis dan DS (38) warga Dusun Ciwarahaangan, Imbanagara, Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso menegaskan, modus pelaku adalah menakut-nakuti korban. Pelaku mengancam akan memberitakan pelanggaran yang dilakukan oleh pengusaha bolu rumahan lantaran menggunakan elpiji 3 kilogram dalam proses produksinya.

“Memeras korban Rp 2 juta. Kemudian dibagi ke seluruh yang terlibat. Tiga oknum media dan tiga masyarakat," tegas Kapolres dalam Press Release di Mapolres Ciamis, Senin (3/5/2019).

Lulusan terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, setelah meminta dan menerima uang Rp 2 juta, pada malam harinya mereka kembali menghubungi korban dan mengatakan bahwa jumlah yang diberikan masih kurang.

“Jadi permintaan awal Rp 2 juta, setelah diberikan malamnya nelpon lagi katanya masih kurang,” Korban takut diliput media,” terangnya.

Atas laporan korban, pihaknya langsung mengamankan enam pelaku tersebut berikut barang bukti berupa uang tunai Rp 2 juta, dua buah ID Card Pers Rakyat Simpati Indonesia, satu)buah ID Card Pers Q Jabar dan beberapa handphone.

“Atas perbuatanya, pelaku kami jerat melanggar pasal 369 ayat (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman selama-lamanya 4 tahun penjara,” sambung Kapolres.

Dari kejadian itu, Kapolres Ciamis menghimbau kepada masyarakat untuk tidak takut bila didatangi media.

“Yang penting cek dulu identitasnya. Maksud kedatangannya apa. Kalau wartawan itu kan tugasnya meliput, kalau meminta uang berarti ada maksud tertentu,” urainya.

Kepada para pengusaha, pria santun yang dikenal religius ini menghimbau agar tertib dalam hal administrasi, perizinannya dan lainnya. [sjah]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT