Ini Penyebab Seseorang Berisiko Tinggi Idap Kanker Darah

Jumat, 31 Mei 2019 - 12:54:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kanker darah dikenal juga dengan leukimia. Penyakit ini merupakan jenis kanker yang terjadi akibat tumbuhnya sel abnormal dalam darah yang kemudian menyerang sel-sel darah putih. Padahal sel darah putih yang dihasilkan oleh sumsum tulang belakang ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari benda asing atau penyakit berbahaya. Tubuh pun akan rentan terkena penyakit lain saat kesehatan sel darah putih terganggu.

Kanker darah ini sama sekali tak menunjukkan gejala mencurigakan di awal. Inilah yang membuat banyak orang shock saat divonis menderita penyakit tersebut. Well, berikut ini adalah beberapa hal penyebab seseorang berisiko idap penyakit kanker darah.

Penyebab utama adalah karena keturunan.

Yang pertama adalah karena keturunan atau genetika. Jika orangtua atau pandahulumu menderita penyakit ini, maka dirimu bisa berisiko tinggi untuk mengidap kanker darah. Biasanya leukemia limfatik kronis akan sering diturunkan dalam keluarga dan dialami oleh pria.
Selanjutnya adalah karena radiasi yang tinggi. Tinggal atau bekerja di daerah yang terpapar radiasi tinggi atau zat-zat kimia berbahaya juga memperbesar peluang untuk mengidap kanker darah.

Merokok juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker darah. Rokok sudah lama dikenal sebagai zat yang membahayakan tubuh karena ribuan jenis racun yang ada di dalamnya akan merusak kesehatan sel, termasuk sel darah yang kemudian berujung dengan timbulnya penyakit kanker darah.
Pernah sakit kanker sebelumnya juga bisa berisiko terkena kanker darah. Pengobatan yang pernah dijalani seperti kemoterapi atau radioterapi juga memperbesar risiko munculnya penyakit leukimia. [**fimela]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT