10 Makanan Ini Bantu Kondisi Tubuh Pascakemoterapi

Ahad, 26 Mei 2019 - 13:59:30 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kemoterapi adalah bagian dari rejimen pengobatan standar untuk hampir semua pasien kanker. Namun, terapi krusial ini hadir dengan sejumlah efek samping seperti diare, sembelit, mulut kering, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa makanan yang akan membantu Anda meringankan gejala kemoterapi dan memungkinkan tubuh merespons lebih baik terhadap perawatan ini, dilansir dari The Health Site.

1. Makanan cair
Salah satu efek samping umum kemoterapi adalah mulut kering. Ini membuat pasien sulit menelan makanan padat. Jadi cairan seperti susu rendah lemak atau makanan ringan berbasis saus direkomendasikan untuk pasien yang menjalani perawatan ini.

2. Pisang
Diare adalah efek samping umum kemoterapi. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakseimbangan elektrolit. Kalium adalah elektrolit esensial yang dibutuhkan tubuh dan pisang kaya akan mineral ini.

3.Nasi
Seperti yang sudah disebutkan, diare adalah efek samping umum dari kemoterapi. Selama gangguan usus ini, sistem pencernaan Anda tidak berfungsi pada kapasitas penuhnya. Jadi, makanan yang mudah dicerna seperti nasi akan membantu. Beras semi-pure akan menjadi pilihan yang lebih baik.

4. Makanan kaya serat
Ada kalanya hasil kemoterapi bisa menjadi lawan dari diare, yakni sembelit. Dalam kasus seperti itu, makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan kering, roti gandum, dan lainnya adalah pilihan yang baik.

5. Permen jahe
Kemoterapi sering menyebabkan mual. Mengunyah permen jahe atau minum beberapa tetes lemon sebelum makan dapat meredakan rasa mual pada pasien.

6. Makanan murni
Luka mulut adalah efek samping umum kemoterapi lainnya. Buah-buahan, sayuran dan nasi yang dilembekan akan lebih mudah bagi pasien yang mengalami efek samping ini.

7. Jus jeruk
Minum jus jeruk atau limun dapat mencegah mulut kering yang disebabkan oleh sesi kemoterapi. Ketebalan dalam cairan ini menstimulasi kelenjar ludah yang membantu menghasilkan lebih banyak air liur. Namun, hindari pemberian cairan ini jika pasien sakit mulut.

8. Bawang dan bawang putih
Diet sehat untuk pasien kanker harus mencakup bawang atau bawang putih. Sayuran ini kaya akan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mekanisme pertahanan yang kuat akan membantu pasien kanker merespons kemoterapi dengan lebih baik.

9. Makanan penambah energi
Kemoterapi sering melemahkan dan mengeringkan pasien. Untuk menghidupkan kembali energi, Anda perlu memuat makanan seperti yogurt, keju cottage, milkshake, dan kacang smoothie, dan lainnya.

10. Makanan kaya selenium
Selenium adalah mineral yang kaya akan antioksidan. Penelitian mengungkapkan bahwa makanan yang kaya selenium bertindak sebagai obat terhadap beberapa efek samping kemoterapi. Nasi merah, kacang brazil, ikan, keju cottage, telur, dan lainnya kaya akan Selenium. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT