Plt Bupati Asahan Minta Baznas Perhatikan Penggelolaan Zakat

Jumat, 24 Mei 2019 - 23:04:41 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Penyaluran dana zakat mustahik di Ramadhan Berkah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan di Aula Melati, kantor Bupati Asahan. Jumat, (24/5/2019).

Ketua Baznas Kabupaten Asahan, H. Ansa'ari Margolang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah membantu dan mendukung Baznas Kabupaten Asahan dalam setiap kegiatan.

Dalam laporannya, H. Ansa'ari Margolang menjelaskan untuk hari ini mustahik yang menerima zakat adalah Kecamatan Kota Kisaran Barat sebanyak 104 orang dan Kecamatan Kota Kisaran Timur 96 orang dengan uang tunai sebesar Rp. 500 ribu.

"Jadi total Mustahik yang menerima Zakat dari Baznas Kabupaten Asahan sebanyak 1604 orang yang terdiri dari 201 Desa/Kelurahan di Kabupaten Asahan. Semoga dengan bantuan yang diberikan oleh Baznas Kabupaten Asahan ini dapat bermanfaat bagi diri saudara-saudara sekalian", ungakpnya.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Plt. Bupati Asahan, Surya didampingi Ketua Baznas Kabupaten Asahan menyerahkan zakat kepada mustahik secara simbolis.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Asahan Surya memberikan apresiasi atas penyaluran dana zakat ini, moment ini merupakan bentuk responsif dan aspiratif terhadap perkembangan pengelolaan zakat yang lebih efektif dan efisien.

Zakat merupakan kewajiban umat Islam yang memiliki 2 dimensi yaitu dimensi ibadah dan dimensi sosial ekonomi masyarakat. 

Kemudian, Surya juga meminta kepada Baznas untuk memperhatikan penggelolaan zakat. Diantaranya, memperhatikan kelembagaan zakat hingga unit terkecil dan penataannya terintegrasi dibawah koordinasi dan pengawasan Pemerintah.

Kemudian, Lembaga zakat yang belum tertata dengan baik, sehingga potensi zakat tidak dapat dipetakan dan pemberiannya tidak merata.

Selain itu, Penyaluran zakat tahun ini seharusnya pemberian modal kepada penerima zakat untuk dikembangkan, agar tahun depan menjadi pemberi zakat.

Disamping itu, Surya juga menyampaikan kepada mustahik, agar dana zakat yang telah diterima dapat bermanfaat dan mengajak masyarakat untuk menunaikan ibadah puasa agar mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Asisten III Setdakab Asahan dan pengurus Baznas Kabupaten Asahan. [Tums]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT