Jepang Kembali Tes Kereta Peluru Paling Cepat Sedunia

Senin, 13 Mei 2019 - 13:13:16 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Jepang terus mengembangkan perjalanan revolusioner. Terbaru, Negeri Sakura mulai menguji kereta peluru tercepat yang pernah ada.

Dilansir CNN Travel, Senin (13/5/2019), kecepatan maksimalnya mampu mencapai 400 kpj (kilometer per jam). Adalah Shinkansen versi ALFA-X yang mulai dijalankan pada hari Jumat selama tiga tahun kedepan.

ALFA-X mulai beroperasi sekitar tahun 2030 dan akan berjalan pada kecepatan hingga 360 kpj. Sangat nyaman, menjadikannya kereta peluru tercepat di dunia.

Shinkansen ini juga akan melampaui kecepatan kereta Fuxing China, yang berjalan pada 10 kpj lebih lambat. Meski tak bisa dipungkiri telah dirancang dengan kemampuan kecepatan yang sama seperti ALFA-X.

Desain futuristik model ALFA-X ini memiliki 10 gerbong dan hidung yang runcing. Pengujiannya di jalur antara Kota Sendai dan Aomori, yang berjarak sekitar 280 kilometer. Tes akan dilakukan setelah tengah malam ketika rel sepi, dua kali seminggu.

ALFA-X menandai tahap baru pertumbuhan layanan Shinkansen. Hal ini mendorong perubahan layanan kereta berkecepatan sangat tinggi dan terkenal di dunia.

Awal pengujian ALFA-X setahun setelah pengujian Shinkansen N700S baru yang juga berkecepatan tinggi. Jepang melanjutkan tes yang dimulai lebih dari setahun yang lalu.

Shinkansen N700S akan mulai beroperasi pada tahun 2020, tetapi kecepatan maksimumnya hanya 300 kpj sama seperti kereta seri N700 lainnya. Tentu akan sangat mudah dilampaui oleh ALFA-X.

Pengujian model-model baru ini bertepatan dengan persiapan Jepang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Uji coba yang dicapai kereta-kereta itu belum seberapa jika dibandingkan dengan kecepatan levitasi magnetik Japan Railway, atau maglev, kereta yang mencapai 603 kpj di jalur eksperimental pada 2015. [din]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT