Virus Cacar Monyet Sedang Viral, Ini Cara Mencegahnya

Ahad, 12 Mei 2019 - 15:34:41 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Inilah sumber penyebaran dan cara menghindari virus cacar monyet yang sedang viral.

Negara Singapura dihebohkan dengan adanya virus cacar monyet yang pertama kali mewabah di Amerika tahun 1958.

Mengutip dari TribunBatam.id, Minggu (12/5/2019), secara resmi Kementerian Kesehatan sudah mengkonfirmasi adanya satu orang yang terjangkit virus cacar monyet di Singapura.

Untuk mencegah semakin luasnya virus cacar monyet tersebut, Pemerintah Singapura telah mengkarantina 23 orang yang diketahui sempat berinterakasi dengan korban cacar monyet tersebut.

Pria yang diserang cacar monyet ini merupakan warga negara Nigeria yang sedang berkunjung ke Singapura untuk urusan workshop.

Diceritakan bahwa sebelum datang ke Singapura, ia telah mengkonsumsi daging semak atau daging dari hasil buruan liar.

Sumber Virus Cacar Monyet

Virus cacar monyet atau yang disebut juga monkeypox ini merupakan penyakit virus langka yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Sedangkan penyebab penyakit cacar monyet ini ditularkan lewat berbagai binatang liar seperti hewan pengerat dan primata.

Untuk penyebarannya sendiri, cacar monyet ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi.

Jika harus bepergian ke daerah wabah, hindari berkontak dengan hewan yang dapat menularkan virus cacar monyet, seperti tupai dan tikus.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap akan makan atau setiap berkontak dengan orang dan hewan yang sakit.

Jika menjumpai rekan atau kerabat yang baru saja melakukan perjalanan ke daerah Afrika Tengah dan mengalami demam 1-2 minggu setelahnya, anjurkan untuk segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT