Inilah Penyebab Pembakaran Rutan Klas IIB Siak 

Sabtu, 11 Mei 2019 - 13:13:35 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Rumah tahanan (Rutan) Klas IIB Kabupaten Siak, Riau dibakar napi yang mengamuk dan menyerang para sipir yang berjaga. Peristiwa itu dipicu karena petugas sipir yang dinilai bertindak kasar pada beberapa napi yang kedapatan mengkonsumsi narkoba.

"Disinyalir ada tindakan dari petugas rutan yang berbuat menjadikan tidak berkenan hati dan tidak puas dari warga binaan dan napi," jelas Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, Sabtu.

Tidak terima ada rekannya yang dipukuli sipir, napi lainnya protes dan terjadi keributan. Keributan itu berujung pembakaran rutan. Namun belum diketahui pelakunya.

"Karena tindakan petugas rutan itu, timbul kerusuhan dan akhirnya terjadi pembakaran seperti ini," kata Widodo.

Widodo menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini baik tahanan dan polisi yang bertugas melakukan pengamanan. Nsmun dia memastikan adanya senjata petugas sipir yang hilang saat kejadian.

"Senjata api jenis FN yang hilang, itu peluru karet dan tidak ada peluru tajam," ucap Widodo.

Rutan Kelas II B Siak terletak di Kota Siak ini memiliki kapasitas 128 orang, namun dihuni 648 orang. Dari 648 narapidana dan tahanan yang menghuni Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, baru sekitar 110 napi yang berada dalam pengawasan ke polisian. Sisanya belum diketahui keberadaannya pasca kerusuhan yang berujung terbakarnya rutan. [san-mer]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT