Bappenas Rapat Bersama Gubernur Bahas Ibukota Baru

Bappenas Rapat Bersama Gubernur Bahas Ibukota Baru

Metroterkini.com - Empat gubernur di Pulau Kalimantan hari ini berkumpul di Kantor Staf Presiden, untuk membahas lokasi ibu kota baru. Keempat gubernur adalah Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar.

Rencana pemindahan ibukota negara dipimpin oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. "Kami menyampaikan garis besar mengenai isu pemindahan ibu kota yang sudah dibahas pada ratas minggu lalu," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Bambang menyampaikan, keseriusan pemerintah mengenai perpindahan ibu kota tertuang dalam rencana panjang jangka menengah nasional 2020-2025 yang fokus dalam pengurangan kesenjangan wilayah. Hal ini terlihat dari PDRB Jawa yang mencakup 58% nasional, dan beban Jakarta sebagai kota yang begitu tinggi dibanding kota-kota besar lainnya di Indonesia.

"Di Indonesia sekarang perbedaan antara Jakarta dan kota lainnya sangat jauh. Jakarta sebagai kota terpadat pertama penduduknya 10 juta, sedangkan yang kedua Surabaya itu penduduknya hanya sekitar 3 jutaan. Bahkan 5 dari 10 kota terpadat itu ada di wilayah Jabodetabek. Jadi kesenjangan antara Jakarta dan di sekitarnya sangat tinggi," katanya. [***]
 

Berita Lainnya

Index