Hardiknas, Abdurachman Bacakan Pidato Mendikbud

Kamis, 02 Mei 2019 - 17:52:56 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, Pemerintah Kabupaten Malang menggelar upacara di Stadion Kanjuruhan, Kamis (2/5) pagi.

Dalam amanat Mentri Pendidikan dan Kebudayaan  (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy yang dibacakan inspektur upacara, dr. Abdurachman, MKes berpesan, melalui momentum Hardiknas kali ini mari konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia dengan dilandasi karakter yang kuat.

Selain itu, juga keterampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan pada perkembangan zaman yang semakin kompetitif, lanjut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda itu.

Mendikbud juga menyampaikan penghargaan dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang.

Sumberdaya manusia yang berkualitas lanjut Mendikbud dalam amanatnya, akan berjalan optimal manakala pemerintah Daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

Untuk itu, semoga kita tetap bersemangat dan terus tulus  menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia.

Sebagaimana tertulis dalam tema pada Peringatan Hardiknas tahun ini,"Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan", ujar Adurachman.

Dalam amanat Mendikbud,  tak lupa ia mengucapkan syukur atas keberhasilan bangsa Indonesia yang baru saja berhasil melewati perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 lalu dan prosesnya masih berlanjut hingga saat ini.

Menurut Mendikbud, jika dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam  Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga Negara.

Karena hakikatnya, proses belajar adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan, sehingga menjadikan warga Negara yang demokratis dan ini adalah salahsatu tujuan pendidikan nasional kita, tutup Abdurachman.

Upacara yang diikuti ratusan Pegawai dan Pelajar serta para Firkopimda, anggota DPRD Kabupaten Malang dan pejabat lingkup Pemkab Malang berlangsung hikmad. [al]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT