DPD Nasdem Desak Bawaslu Copot Panwascam Bengkalis

Kamis, 02 Mei 2019 - 17:28:34 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Kabupaten Bengkalis, Askori mendesak Bawaslu Kabupaten Bengkalis agar mencopot komisioner Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Bengkalis.

Pernyataan itu disampaikan Askori di Kantor Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Rabu (1/5/19) pagi, berkaitan kinerja Panwascam yang dinilainya tidak profesional. Sebab, tanpa keterangan yang jelas Panwascam langsung menerbitkan rekomendasi agar dilakukan pemungutan suara lanjutan di TPS 01 Kelurahan Kota Bengkalis. Dan PSL di beberapa TPS di Kecamatan Bengkalis. 

Menurut Askori, peristiwa ini berawal ketika pada tanggal 28 April ketika dilakukan penghitungan suara di tingkat kecamatan (PPK) di Kantor Camat Bengkalis. Saat itu, pertama dibuka dan dihitung adalah kotak suara presiden dan wakil presiden TPS 01 Kelurahan Bengkalis. 

Selesai penghitungan suara Presiden dan Wakil Presiden, Panwascam langsung mengeluarkan rekomendasi bahwa TPS 01 harus PSU. Sementara kotak suara DPD dan DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten belum dibuka (belum dihitung).

Menurut Askori, seharusnya rekomendasi tersebut dikeluarkan usai penghitungan surat suara di TPS, kalau memang ada kecurangan ada hal-hal yang memenuhi syarat untuk PSU, bukan ditingkat PPK.

"Sepertinya rekomendasinya sudah disiapkan. Tindakan Panwascam aneh," kata Askori.

Keluarnya rekomendasi ini diprotes oleh DPD Nasdem karena sangat merugikan Nasdem. Salah satu contoh PSU untuk salah satu TPS di Desa Selatbaru dari 60 suara Nasdem menjadi 20 suara. "Kita sangat dirugikan. Sebelumnya suara kita (Nasdem) 60, setelah PSU tinggal 20 suara. Ini (suara berkurang) tak boleh terulang, makanya kita protes," tegas Askori.

Pada kesempatan itu, Askori juga menyayangkan lambannya tindakan Bawaslu atas tindakan fatal Panwascam Bengkalis. Akibatnya, kepastian perolehan suara Partai besutan Surya Paloh belum jelas untuk TPS yang dinilai bermasalah oleh Panwascam.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Usman, SE, ketika dikonfirmasi belum mau berkomentar terkait desakan DPD Nasdem agar Panwascam Bengkalis dicopot.

"Nantilah, bang. Kita pelajari dulu," ujarnya. 

Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Yasir ketika dikonfirmasi, Kamis (2/5/19) sore, di Bengkalis mengatakan, saat ini rekomendasi Panwascam Bengkalis terkait PSU TPS 01 Kelurahan Bengkalis tengah ditelaah. "Lagi ditelaah," ujarnya. [rudi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT