Jelang Ramadhan, Warga Murcoyo Ziarah ke Makam Wali

Jumat, 26 April 2019 - 18:01:28 WIB
Share Tweet Google +

loading...

metroterkini.com - Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, warga Murcoyo Rt 18/05 Gondanglegi Wetan Kabupaten Malang yang tergabung dalam Jamaah Tahlil, Kamis - Jumat (25-26/4/19) ziarah ke Makam Wali Lima (5).

5 dari 9 makam para wali yang ada di Jawa Timur, jadi tujuan ziarah jamaah tahlil ini yakni: Makam Sunan Ampel di Surabaya. Makam Sunan Ampel berada di tengah-tengah kota Surabaya, tepatnya di Jl. Nyampulangan.

Makam Sunan Ampel menawarkan semarak keberagaman suku budaya di Jawa Timur. Bukan hanya itu saja, peziarah yang berkunjung ke sana pun bisa berbelanja pakaian khas arab sekaligus mencicipi aneka jajanan tradisional Jawa dan Arab yang ada di pasar Ampel ini.

Kemudian para peziarah menuju ke Makam Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim di Gresik.

Lokasi Makam Sunan Giri terletak di puncak bukit yang di sebut Giri Kedaton.

Untuk bisa sampai ke makam, peziarah harus melewati ratusan anak tangga. Kiri dan kanan sepanjang tangga juga terdapat pedagang yang menjual makanan tradisional khas Gresik. Namun tidak seramai pedagang yang ada di makam Sunan Ampel.

Sementara Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim  berada di tengah kota Gresik.

Di arae komplek Makan Maulana Malik Ibrahim ini terdapat makam keluarga Bupati pertama Gresik yaitu,  Kyai Tumenggung Pusponegoro.

Selanjutnya peziarah sedikit menyita waktu menuju ke Barat Kota Surabaya yakni, Makam Sunan Drajat di Lamongan.

Makam Sunan Drajat terletak di Paciran yang berada di wilayah pinggiran kabupaten Lamongan.

Makam ini juga berada di puncak sebuah bukit dengan di kelilingi hutan yang cukup rimbun dan pemandangan alamnya yang yang sangat indah.

Terakhir, warga yang menggunakan tranportasi Bus pariwisita Restu ini, menuju ke makam Sunan Bonang di Tuban. Makam Sunan Bonang berlokasi di sebelah utara alun-alun kabupaten Tuban.

Makam ini memiliki keunikan tersendiri, berupa Gapura di pintu masuknya yang berhias kala makara, layaknya sebuah candi. 

Selain itu, para peziarah juga bisa menyaksikan keindahan arsitektur masjid Agung Tuban yang berwarna-warni.

?Peziarah yang berkunjung ke Makam Sunan Bonang ini,  juga dapat menikmati kelezatan masakan khas Tuban yang banyak di jual di pinggir-pinggir jalan seperti minuman legen dan buah siwalan.

Salah seorang rombongan jamaah H. Lukman, mengaku sudah sering kali ziarah di makam wali 5 ini menjelang puasa Ramadhan. 

"Saya sudah sering ziarah ke makam wali 5 ini. Biasanya, setelah ziarah ke makam wali, puasa kita tenang dan mencari rezeki insaAllah akan terasa gampang," kata Lukman. [al]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT