Motor Listrik Gesits Buatan Indonesia Besok Meluncur

Rabu, 24 April 2019 - 12:39:31 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Setelah beberapa bulan tertunda, motor listrik nasional Gesits akhirnya akan meluncur di Jakarta di pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis (25/4/2019) besok.

Gesits terlihat dalam daftar merek peserta IIMS yang melakukan jumpa pers peluncuran produk di IIMS. Gesits awalnya direncanakan meluncur pada 17 Agustus lalu namun batal. Menurut CEO PT Gesits Technologies Indo Harun Sjech, memproduksi motor listrik nasional cukup rumit, mulai dari memikirkan tenaga penggerak sampai soal rem atau peredam kejut.

Namun semua tantangan itu akhirnya terselesaikan berkat dukungan Kemenristekdikti, kalangan kampus seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), serta BUMN seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), PT. Pindad (Persero), PT. Len Industri (Persero), PT. Pertamina (Persero), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang diwakili PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

"Nanti di IIMS harganya berapa, speknya seperti apa sudah final. Kapan produknya bisa didapatkan informasinya semua akan kami umumkan," ujar Harun saat ditemui media di Jakarta.

Gesits sejak kemunculannya di IIMS 2015 lalu sudah mengalami beberapa penyempurnaan. Dalam 4 tahun pengembangannya, prototipe Gesits total ada 5. Mulai dari yang tanpa bodi, hanya menggunakan motor listrik dan baterai sampai full bodi yang dikendarai oleh Presiden Joko Widodo. 

Harun masih enggan menyebutkan spesifikasi resmi Gesits versi produksi massal berikut soal foto versi produksi Gesits, namun sebagai perbandingan untuk prototipenya yang terakhir sudah menggunakan baterai lithium-ion 5.000 kWh. Dengan baterai itu Gesits sanggup menjelajah sejauh 70 Km dari kondisi baterai terisi penuh dengan kecepatan tertinggi 80 km/jam. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT