Tips Mudah Hilangkan Stres dalam Waktu Singkat

Selasa, 23 April 2019 - 11:40:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pilpres sudah terlaksana, Pileg juga sudah siap tinggal menunggu hasilnya, namun para pedukung kubu calon presiden dan wakil presiden Indonesia masih berlangsung hingga sekarang. Setiap kubu terus menyerang dengan berbagai cuitan yang tidak sedikit menghasilkan hoax.

Kondisi ini tentunya membuat banyak orang menjadi mudah marah karena stres. Mereka pun kerap menjelek-jelekkan kelompok lain. Akibatnya, mereka yang tidak terlibat di dalamnya menjadi stres, karena ulah para netizen seperti ini.

Lantas, apa cara paling mudah untuk lepas dari problematikan pemilu seperti ini? Apalagi, jika Anda memerlukan media sosial untuk pekerjaan atau mencari informasi lainnya.

Lantas, upaya apa yang bisa dilakukan untuk meredakan stres dalam waktu singkat? Okezone pun merekomendasikan beberapa hal untuk melepas stres secara singkat.

1. Berpelukan

Dengan pelukan, Anda menyebarkan kebahagiaan pada orang lain dan dengan begitu, Anda memiliki lingkungan sosial yang positif. Sebab, tidak bisa dipungkiri, energi negatif bisa timbul dari lingkungan tempat Anda beraktivitas.

Menurut laman Psychology Today, pelukan adalah penghilang stres yang baik. Memeluk seseorang membuat Anda melepaskan oksitosin, hormon yang mempromosikan perilaku pro-sosial yang dapat berkontribusi pada relaksasi, kepercayaan, dan kasih sayang.

Dalam dialog TEDx yang populer, Dr. Paul Zak memberi resep setidaknya ada 8 pelukan setiap harinya untuk mempertahankan hubungan yang kuat. Jika Anda merasa aneh memeluk rekan kerja, simpan pelukan itu untuk teman dan keluarga terdekat.

2. Bernapas

Siapa bilang bernapas adalah hal sepele? Jika Anda melakukannya dengan benar dan menaruh tujuan di dalamnya, bernapas bisa membuat Anda lebih tenang dan ini baik untuk mengendalikan stres. Dalam konsep bernapas, ada yang namanya "bernafas 4-7-8".

Teknik ini adalah sesuatu yang menyerupai meditasi yang dapat dilakukan kapan pun dan di manapun dan itu membantu seseorang rileks dalam berbagai situasi.

Jika Anda merasa kurang fokus atau memiliki lebih banyak reaksi spontan terhadap peristiwa yang menimbulkan stres, cobalah teknik ini: Duduk di kursi atau di lantai dengan punggung lurus. Tarik napas selama 4 hitungan, tahan napas selama 7 hitungan, lalu buang napas selama 8 hitungan. Ulangi langkah ini selama lima menit.

3. Menikmati momen yang Anda suka

Anda harus menikmati sesuatu yang Anda suka yang bisa membuat bahagia Anda bahagia, entah itu pergi nonton, jalan-jalan atau hanya membaca buku. Pikiran positif membawa Anda pakai situasi yang positif juga.

Jika hal ini sulit untuk dicapai, maka munculkan kembali momen di mana Anda merasa bangga dengan diri sendiri, Anda merasa paling bahagia, atau momen Anda mendapatkan hal paling bahagia.

Pemikiran seperti ini yang akan melunturkan stres dalam pikiran. Jika Anda mau, bagikan perasaan bahagia tersebut ke orang lain supaya tidak hanya Anda yang bahagia, tapi juga orang lain.

4. Tersenyum

Orang Indonesia sangat terkenal dengan keramahtamahannya. Jadi, melakukan hal yang satu ini tentu bukan sesuatu yang sulit, bukan? Tersenyum adalah aktivitas membagikan emosi dan Anda mesti percaya kalau emosi itu menular ke orang lain.

Nah, dengan tersenyum, Anda yang saat ini sedang marah, kesal, atau kecewa hingga membuat stres, bisa kembali bahagia. Berikan senyum terbaik ke orang di samping Anda sekarang atau setidaknya memberi salam hangat dan ramah ke orang yang Anda lewati. Tersenyum itu mudah dan karena itu jangan merasa sulit untuk tersenyum. [mer]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT