Manfaat Kacang Panjang dari Lawan Kanker dan Kesuburan

Jumat, 19 April 2019 - 14:52:00 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Kacang panjang hijau adalah salah satu sayuran yang lumrah ada di banyak jenis masakan khas tanah air. Warna hijau dari sayuran ini menyediakan sejumlah pigmen penting untuk kesehatan tubuh termasuk karotenoid. 

Tak hanya itu saja, ada juga banyak kandungan antioksidan, seperti beta-karoten, lutein, dan neoxanthin. Termasuk vitamin dan mineral, diantaranya vitamin A, K, dan C, tiamin, zat besi, folat, riboflavin, kalium, dan magnesium.

Manfaat Kacang Panjang 
Mengonsumsi kacang panjang hijau, terutama jika dilakukan secara teratur, dikatakan dapat mengurangi risiko terkena beberapa penyakit serius. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan beberapa manfaat penting kacang hijau bagi kesehatan, termasuk diantaranya:

Kanker
Kacang panjang diketahui memiliki jumlah klorofil yang tinggi, memiliki kemampuan untuk memblokir amina heterosiklik yang membawa efek karsinogenik. Mengonsumsi kacang panjang sangat esensial jika Anda pernah makan daging panggang atau apapun yang dimasak pada suhu tinggi. Jadi sandingkan kacang hijau dengan daging panggang Anda untuk mengurangi risiko kanker.

Infertilitas (Kesuburan)
Kacang panjang kaya akan zat besi, yang sebenarnya dapat meningkatkan kesuburan, berdasarkan temuan penelitian yang dipublikasikan di Harvard Health Publications. Sayuran ini juga mengandung folat, yang juga penting bagi wanita hamil agar cacat tabung saraf dapat dihindari.

Depresi
Folat tidak hanya untuk wanita hamil atau mereka yang ingin hamil; tetapi juga berguna dalam mengobati dan mencegah depresi. Kita membutuhkan asupan folat yang cukup untuk menghentikan homocysteine agar tidak mengaganggu keseimbangan tubuh. 

Jika ini terjadi, darah dan nutrisi lain tidak akan dapat mencapai otak. Terlalu banyak homocysteine juga dapat mengganggu produksi serotonin, merupakan hormon yang membuat kita merasa baik dan bahagia.

Fraktur tulang
Satu cangkir kacang hijau dapat memberi kita hampir 15 mikrogram vitamin K, yang memenuhi 20% dari asupan yang direkomendasikan setiap hari. Kacang hijau juga menawarkan kalsium yang cukup. Baik vitamin K dan kalsium sangat penting dalam membantu meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin K, khususnya, membantu penyerapan kalsium yang tepat dan juga mencegah pengeluaran mineral melalui urin.

Kacang hijau mengandung nutrisi yang memberikan beberapa manfaat bagi jantung, otak, dan tulang, sehingga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT