Demokrat Minta Pendukung Tenang, Biarkan KPU Bekerja

Jumat, 19 April 2019 - 13:30:35 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Partai Demokrat mengimbau masyarakat tetap tenang usai pemungutan suara Pemilu 2019. Demokrat mempercayakan KPU melakukan penghitungan suara Pileg dan Pilpres 2019. 

"Demokrat mengimbau supaya masyarakat tenang. Berikan kesempatan kepada penyelenggara pemilu untuk menjalankan tugasnya sebaik-baiknya," ujar Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Amir Syamsuddin saat dihubungi, Jumat (19/4/2019). 

Bila ada dugaan pelanggaran, maka penyelesaiannya harus lewat jalur hukum. Demokrat ditegaskan Amir juga mengikuti instruksi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memerintahkan kader tidak terlibat kegiatan yang bertentangan dengan konstitusi.

"Kalau ada pelanggaran di sana sini, atau menggunakan istilah kecurangan, wadah penyelesaiannya sudah ada," kata Amir.

Sebelumnya Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan sengketa hasil Pemilu harus dibawa ke jalur hukum. 

AHY meminta agar segala indikasi kecurangan proses perhitungan suara segera dilaporkan ke pihak berwenang. Pelaporan ini menurut AHY harus disertai bukti-bukti.

"Dan segala sesuatunya lebih baik diserahkan atau pun menggunakan jalur hukum, karena ini negara hukum maka gunakan hukum yang berlaku di negara kita termasuk dalam menyelesaikan sengketa dalam pemungutan suara," ujar AHY dalam jumpa pers, Rabu (17/4). [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT