Contoh Soal UTBK Sudah Dapat Diakses di Tautan Ini

Rabu, 10 April 2019 - 13:53:30 WIB
Share Tweet Google +

Ilustrasi Tes

loading...

Metroterkini.com - Melalui akun Twitter resmi @Sekretariat SBMPTN, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menginformasikan contoh soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dapat diunduh calon mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. 

LTMPT menyampaikan contoh soal UTBK dapat diakses melalui tautan laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk-1.ltmpt.ac.id/. Peserta telah mendaftar dapat masuk dalam laman tersebut dengan memasukan kombinasi email dan password yang telah terdaftar untuk masuk ke sistem.  

Panitia LTMPT juga menyarankan peserta UTBK menggunakan komputer PC atau laptop saat mengakses contoh soal UTBK ini.  Setelah masuk dalam sistem, peserta dapat mengklik menu "UTBK" dan kemudian mengklik menu "Riwayat UTBK" untuk selanjutnya mengakses contoh soal UTBK. 

Soal HOTS Dalam kesempatan terdahulu, Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi pers Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019 di Ruang Sidang Utama, Gedung D Kemenristekdikti (22/10/2018) telah memastikan soal-soal UTBK SBMPTN 2019 akan menggunakan soal HOTS (High Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisa tinggi. 

"Kemampuan calon mahasiswa untuk menganalisa adalah hal yang penting," tegas Nasir perihal dimasukannya soal HOTS dalam UTBK SBMPTN 2018. 

Hal senada disampaikan Ketua LTMPT Prof Ravik Karsidi, "Dengan soal HOTS dimungkinkan untuk membuat jenis soal sama, namun pertanyaan akan berbeda." 

Ia menyebutkan, hal ini bertujuan menjaring calon mahasiswa berkualitas serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital. Ukur kemampuan Menristekdikti menjelaskan, UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. 

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. 

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). 

Kelompok ujian Seperti tahun sebelumnya, lelompok ujian pada UTBK SBMPTN 2019 tetap akan dibagi menjadi: 1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi); 2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT