Tahukah Anda, Testosteron Ternyata Bikin Pria Kurang Perkasa

Kamis, 29 Agustus 2013 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +


Satu lagi penelitian membuktikan wanita lebih kuat dibanding pria, karena laki-laki memproduksi hormon testoteron yang justru melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti dilaporkan minggu lalu misalnya, wanita ditemukan jauh lebih kecil berisiko meninggal karena kanker kulit atau melanoma ketimbang laki-laki.

Ahli menyebut, sistem kekebalan wanita lebih agresif. "Ini berlaku umum bahwa perempuan memiliki sistem kekebalan yang lebih responsif," kata Profesor Peter Johnson, dokter kepala di Cancer Research UK.

"Mereka merespon lebih andal untuk vaksinasi yang bekerja dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh," sambungnya.

Sementara sistem kekebalan pria sulit untuk bangkit memerangi itu.

Mereka lebih kecil kemungkinan membersihkan sel-sel pencentus kanker atau menghentikan sel tumor menyebar ke seluruh tubuh.

Lalu apa penyebabnya?

Seperti dilansir dari dailymail, para ahli sepakat bahwa ini kontribusi dari testosteron yang memiliki efek meredam sistem kekebalan tubuh.

Beberapa tahun lalu para peneliti di Klinik Mayo yang terkenal di AS menemukan salah satu tehnik untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh pada tikus jantan adalah mengurangi kadar testosteron.

Ditemukan bahwa kekebalan pada tikus yang memiliki testosteron dikurangi lebih agresif dan siap menyerang penyakit dibanding mereka yang masih memiliki jumlah banyak.(ini)

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT