Jokowi Cerita Dicegat di Manado dan Mobil Tak Bergerak

Senin, 01 April 2019 - 13:54:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pengalaman unik dialami oleh Presiden RI Joko Widodo ketika berkunjung ke Sulawesi Utara, Minggu (31/3/2019). 

Pengalaman ini diceritakannya di hadapan ribuan peserta Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) X Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) tahun 2019 di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara‎. 

Dia bercerita dicegat 9 kali mulai dari bandara hingga tiba di lokasi acara. Waktu tempuh yang seharusnya hanya 15 menit pun menjadi sangat lama karena insiden itu. 

"Saya tadi sampai Bandara Sam Ratulangi jam 18.00 Wita kurang. Katanya dari bandara ke sini hanya 15 menit, ternyata sampai sini 1,5 jam," ungkap Jokowi. 

"Apa yang terjadi? Di jalan saya dicegat 9 kali. Saya dipanggil warga, Pak-pak. Ya saya turun mobil, bersalaman. Sudah salaman, minta selfie juga. ‎Inilah kenapa tadi kami terlambat," tambah Jokowi. 

Jokowi pun geleng-geleng kepala. "Saya berhenti 9 kali. Di negara mana presiden dicegat seperti ini?" ujar Jokowi kemudian. 

Namun demikian, Presiden Jokowi mengaku sangat berbahagia dan bersukacita dengan sambutan masyarakat seperti itu. 

"Di Manado ini memang luar biasa. Saya mau ngomong apa ya. Padahal saya juga sering ke sini, tapi malam hari ini betul-betul masyarakat Manado memberikan kejutan, nyegat di jalan 9 kali. Namanya masyarakat ya harus dilayani kalau tidak dilayani saya tidak dibukakan jalan," tutur Jokowi sambil tersenyum. 

Jokowi lalu melontarkan candaan untuk Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. "Ini rakyatnya Pak Gubernur. Kelihatannya yang gerakkan Pak Gubernur ini," ujar Jokowi disambut tawa hadirin. 

Sebelumnya diberitakan, massa pendukung Jokowi sempat mencegat sang Presiden selama hampir 20 menit di depan perempatan Transmart, Manado, sekitar pukul 18.30 Wita. Begitu iring-iringan mobil presiden mendekat, massa langsung memblokade jalan di perempatan tersebut dan memalang mobil Jokowi yang bergerak dari arah bandara menuju Hotel Sutanraja di Minahasa Utara. 

Paspampres sibuk membendung massa. Presiden Jokowi yang awalnya hanya melambaikan tangan dari dalam mobil akhirnya turun setelah massa berteriak meminta Jokowi turun. 

"Turun, turun," teriak massa. 

Setelah turun, Jokowi lalu berjabat tangan dengan beberapa orang dan melayani permintaan selfie dengan sejumlah tanta-tanta (ibu-ibu) yang nekat menerobos pengamanan Paspampres. 

Melihat antusiasme massa, Jokowi lantas berdiri di atas mobilnya sambil melambaikan tangan hingga kemudian masuk lagi ke mobil. 

Mobil Jokowi sempat tak bisa bergerak saking banyaknya warga yang berkerumun. Dibantu BM OD, Paspampres bekerja keras membubarkan warga. 

Petugas keamanan membentuk pagar betis, barulah kemudian mobil itu bisa berjalan. Itu pun dengan perlahan karena kerumunan warga terus membuntuti. [***]  
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT