Hari Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Rohul Gelar Donor Darah

Jumat, 15 Maret 2019 - 18:00:59 WIB
Share Tweet Google +

M. Lukman Ka.Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian Ikut Donor Darah

loading...

Metroterkini.com - Peringatan hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pengaraian bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melaksanakan donor darah.

Kegiatan donor darah diadakan di Pas Coffie Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian diawali dengan senam sehat yang diikuti oleh warga binaan lapas serta petugas dan tamu undangan, Jum'at (15/3/19) pagi.

Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat membentuk petugas yang sehat serta peduli terhadap sesama. Kegiatan donor kali ini dengan tema "Setetes darah kita, berarti untuk mereka" yang membutuhkan serta untuk mendukung program pemerintah.

Pada acara tersebut hadir Kalapas Muhammad Lukman, A.Md., IP., SH., M.Si, KPLP Parlin H. Simanjuntak SH, M.Si, mewakili Ketua PMI Rohul Dahnil, serta tim dari Dinas Kesehatan Rokan Hulu.

Dari kegiatan tersebut sebanyak 33 kantong darah berhasil dikumpulkan dari  pendonor 23 orang, yakni Kalapas, KPLP bersama pegawai lapas Kelas B II Pasir Pengaraian dan Pegawai BRI Pasir Pengaraian sebagai wujud nyata kepedulian kepada sesama.

Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian Muhammad Lukman kepada wartawan mengatakan, kegiatan donor darah ini dilaksanakan sebagai bagian dari menyambut hati Bakti lembaga pemasyarakatan dan kepedulian sesama anak bangsa yang membutuhkan darah.

Dikatakan Lukman, dalam mendukung program pemerintah Republik Indonesia melalui Dinas Kesehatan Rokan Hulu khususnya untuk mengatisipasi dan menekan angka penyakit Tuberkulosis (TBC) dan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"Intinya melalui kegiatan yang kita laksanakan ini, juga mendukung program pemerintah memberantas penyakit TBC termasuk HIV. Dengan demikian, kegiatan yang kita laksanakan agar nantinya bermanfaat ," harap Kalapas.

Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Rohul, Irma Damilius S.Km mengatakan, mereka hanya memfasilitasi kegiatan pihak Lapas bersama PMI. Kemudian, sekaligus di kegiatan itu kita lakukan pemeriksaan air liur untuk mengetahui apakah terkena TBC serta sampel darah memastikan bebas HIV.

Sementara itu, Wakil Ketua Organiaasi PMI Rokan Hulu Dahnil mewakili Ketua Hj. Peni Herawati Sukiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian M. Lukman bersama jajarannya yang telah mendukung program PMI dan bersedia mendonorkan darah kepada masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Rokan Hulu.

"Kami dari PMI Rokan Hulu sangat berterima kasih, donor darah ini sangat bermanfaat kepada masyarakat kita yang membutuhkan," pungkasnya.(man)


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT