Pepes Menu Pilihan yang Cocok untuk Makan Siang

Sabtu, 23 Februari 2019 - 09:43:51 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Lagi bingung mau menyiapkan bekal apa yang cocok untuk makan siang? Coba bikin lauk pepes. Ada banyak jenis pepes yang sangat pas digunakan untuk bekal makan siang. Baik untuk bekal suami ke kantor atau bekal kita sendiri ke tempat kerja. 

Menu pepes memang punya cita rasa khasnya sendiri. Balutan daun pisang bisa memberi aroma yang istimewa pada bahan-bahan yang kita gunakan pada pepes yang kita buat. Selain itu karena sudah terbungkus cukup rapi, sangat memudahkan kita untuk mengemasnya dalam kotak bekal makan siang. Berikut beberapa jenis pepes yang bisa dibuat untuk dijadikan bekal.

1. Pepes Jamur Tiram

Jamur tiram bisa dijadikan pepes yang lezat. Pepes jamur tiram pedas bisa jadi lauk makan siang yang pas. Tekstur jamur tiram yang kenyal akan menambah kenikmatan sendiri saat kita menyantapnya. Kalau selama ini sudah bosan dengan tumis jamur tiram atau jamur tiram krispi, pepes jamur tiram bisa jadi alternatif yang sempurna.

2. Pepes Tahu

Pepes tahu mudah dibuat dan bisa cukup mengenyangkan disantap saat makan siang. Dengan menggunakan daun salam, serai, dan daun jeruk, pepes tahu ini akan memiliki aroma yang sangat menggugah selera. Kalau ingin cita rasa yang pedas bisa ditambah irisan cabai rawit.

3. Pepes Udang

Yup, udang juga bisa diolah jadi pepes udang yang enak banget. Dipadu dengan  bumbu yang gurih dan sedap, pepes udang bisa sangat mengenyangkan dinikmati saat makan siang. Apalagi kalau pakai udang galah, wah makin mantap deh pokoknya.

4. Pepes Ikan Sarden

Mungkin belum banyak yang tahu kalau ikan sarden juga bisa diolah jadi pepes ikan sarden. Ikan sarden yang sudah dibuang isi perutnya bisa diolah dengan aneka bahan bumbu, seperti serai, daun salam, daun jeruk, daun bawang, bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan garam. Penasaran dengan rasanya? Langsung coba buat sendiri, ya.

5. Pepes Lele Bumbu Rujak

Pepes yang satu ini juga istimewa. Pepes lele bumbu rujak bisa dijadikan lauk bekal makan siang yang sangat mengenyangkan. Kalau sudah bosan dengan ikan lele goreng, pepes lele bumbu rujak bisa menjadi menu yang istimewa. Pastikan ikan lele sudah dilumuri dengan jeruk nipis dan dicuci bersih sebelum diolah untuk mendapatkan hidangan yang sedap.

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat pepes yang enak untuk dijadikan bekal makan siang. Semoga info ini bisa membantumu agar tidak bingung lagi dalam memilih menu atau lauk yang pas untuk bekal, ya.

Berikut bumbu Pepes yang bisa anda campurkan ke tahu atau udang dan lainnya.
Bahan yang diperlukan untuk membuat pepes ikan tongkol adalah sebagai berikut:
Tahu Secukupnya.
Cabai rawit 10 buah.
Cabai merah 5 buah.
Garam 1 sendok teh.
Gula pasir 1 sendok teh.
Jahe, Lengkuas, Kunyit masing masing ukuran 1 cm.
Tomat 3 buah.
Kemiri sebanyak 3 butir dan bisa juga anda tambahkan daun kemangi agar harum dan lebih nikmat. Bumbu dihaluskan lalu campurkan tahu yang sudah dihaluskan bungkus kedaun pisang yang telah disiapkan lalu bisa anda bakar dan siap dihidangkan. [**fml]
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT