Elemen Masyarakat Ajak Aparat di Kampar Awasi ADD

Jumat, 22 Februari 2019 - 19:52:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Elemen masyarakat dan LSM di Kampar mengajak pihak Kejari dan Polres Kampar untuk serius menangani penggunaan anggaran dana desa (ADD) di seluruh desa di kabupaten Kampar Riau, karena jumlah tidak sedikit.

LSM LIRA Kampar beberapa waktu lalu dan sampai saat ini banyak pengaduan masyarakat di beberapa desa yang diduga banyak terjadi penyimpangan penggunaaan dana desa (DD). Dana desa merupakan salah satu amanah Undang-Undang 6/2014 tentang Desa. Dana tersebut diambil dari APBN untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat desa. 

Untuk diketahui, jumlah dana desa yang dikucurkan pemerintah terus meningkat tiap tahunnya. Untuk tahun ini, dana desa dialokasikan sebesar Rp 60 triliun.
 

Presiden Jokowi menyebut saat awal diluncurkan, dana desa dialokasikan hanya sebesar Rp20 triliun. Sementara setahun setelahnya, ditingkatkan menjadi Rp47 triliun. 

Artinya, total dalam tiga tahun ini sudah mencapai Rp 127 triliun. 

Dalam hal ini, Presiden Jokowi mengingatkan agar dana desa betul-betul dikelola dengan baik, dan tidak dijadikan lahan korupsi. Ia berharap agar dana desa dapat digunakan dengan penuh tanggung jawab agar desa-desa dapat lebih mandiri dan berperan dalam pembangunan nasional. 

LSM LIRA Kabupaten Kampar, mengingatkan kepada semua pemangku kepentingan terhadap desa dan dana desa agar tidak main-main lagi dalam pengelolaan dana desa, karena pemerintah akan mengawasi dengan ketat, penegak hukum juga sudah tidak bermain-main terhadap dana desa tersebut,

Ia juga menegaskan beberapa pembangunan jalan-jalan desa yang menggunakan anggaran dana desa di Kampar,
 pihaknya mengaku ada beberapa desa saat ini tercium diduga bermain-main dengan fisik pelaksaaan anggaran dana desa,
 "Jadi kita minta kades jangan bermain-main," tutup. [red]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT