Sempurnakan RKPD 2020, Bappeda Rohul Gelar FKP

Kamis, 21 Februari 2019 - 08:51:57 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Rabu (20/2/19), Gelar  Forum Konsultasi Publik (FKP), bersama OPD dan berbagai unsur pemangku kepentingan Pembangunan Di Rohul. Forum Konsultasi Publik ini, digelar untuk menyempurnakan dokumen Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Kegiatan FKP ini, dibuka Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Ir. Ruslan, di Aula Kantor Bappeda Rohul, Pasir Pengaraian. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu, Akademisi dari Universitas Pasir Pengaraian dan Camat dari 16 Kecamatan.

Menurut Kepala Bapeda Rohul Nifzar, Forum Konsultasi Publik Ini merupakan bagian dari Rangkaian Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2020, setelah Musrembang Desa, kecamatan dan input data hasil reses DPRD.

“Forum Konsultasi Pubilk dalam rangka menerima masukan saran atau progam yang dianggap penting dan mendesak oleh pemangku kepentingan yang barangkali belum masuk di Musremnag kecamatan dan reses DRPD” ujar Nifzar, Kamis (21/2/19).

Diakuinya, dari Forum Konsultasi Publik ini, banyak masukan yang cukup bermanfaat dalam memberikan kesempurnaan  untuk dokumen rancangan awal Rencana Kerja Pemerinta Daerah (RKPD), yang selanjutnya akan di bawa dalam forum perangkat daerah.

Beberapa masukan tersebut di antaranya, adanya masukan dari akedemisi yang siap bekerja sama dalam memberikan kontribusi pemikiran tenaga sampai kepada kerjasama dalam pembangunan daerah Rokan Hulu, baik support data ataupun kerjasama di bidang yang sifatnya penelitian.

Masukan juga datang dari LAMR Rohul, yang menyampaikan perlunya peran pemerintah daerah dalam mengangkat marwah budaya melayu, sehingga harus dimasukan dalam program pemerintah dan menjadi tugas priortas dari OPD terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata.

“Dari forum perangkat daerah nanti, akan dibahas dan disinergikan antar program dan atar perangkat daerah, yang disesuaikan dengan priortas pembangunan provinsi dan nasional, setelah itu, maka dokumen RKPD ini kita akan bawa ke forum Musrembang Kabupaten yang insyalah akan dilakukan di awal maret” Pungkas Nifzar.  (man)

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT