Banjir di Rohul Rendam Ratusan Rumah dan Jalan

Rabu, 20 Februari 2019 - 13:42:53 WIB
Share Tweet Google +

Jalan Lingkar Km. 4 Pasir Pengaraian

loading...

Metroterkini.com - Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Rokan Hulu akibatkan ratusan rumah dan jalan terendam banjir hingga ketinggian 50 sampai 100 cm. Daerah terparah terkena banjir ada enam Desa di Kecamatan Rambah, diantaranya Kelurahan Pasir Pengaraian, Desa Koto Tinggi, Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, Desa Koto Tinggi, dan Desa Suka Maju.

Sebagian warga bahkan sudah mengungsikan harta benda dan keluarga mereka ke tempat yang lebih tinggi, dikarenakan ketinggian luapan air terus meningkat. 

Selain merendam rumah warga, banjir juga  mengenangi Jalan Lingkar Km. 4 Pasir Pengaraian tepatnya di simpang lampu merah di samping rumah sakit Surya  Insani sehingga menyebabkan macet . Selain itu sebuah masjid di Dusun Kampung Baru Desa Koto Tinggi juga ikut terendam oleh luapan air banjir. 

Salah seorang warga Dusun Kampung Baru Rijal Flores, Rabu (20/2/19)  menuturkan, banjir terjadi setelah hujan lebat yang terjadi pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.00 wib. Hujan lebat berdurasi lima jam, mengakibatkan anak sungai di enam desa meluap. 

" Air mulai masuk ke rumah sekitar pukul 04.00 wib, waktu itu kami tidur, sebagian pakaian dan perabot rumah tangga, terendam dan tak sempat terselamatkan" ujar Rijal. 

Selain di Dusun Kampung Baru, banjir juga merendam ratusan rumah di desa Babusalam yang disebabkan luapan sungai Batang Lubuh. 

Meski banjir terus meningkat, namun belum ada instansi terkait seperti BPBD Rohul dan Dinas Sosial PPA, yang turun ke lokasi kejadian untuk membantu warga. (man)

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT