Simpan Buah dan Sayur di Kulkas dengan Cara Ini

Ahad, 27 Januari 2019 - 10:27:40 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Setelah belanja bulanan, ini waktunya Anda simpan aneka sayur dan buah dalam kulkas. Supaya lebih tahan lama, simpanlah buah dan sayur dengan cara ini.

Menyimpan sayur dan buah ada aturannya. Pastikan pisahkan buah dan sayur untuk menghentikan pematangan enzim agar tidak menyebar. Dengan menyimpan sayur dan buah yang benar, ini berarti Anda juga dapat meminimalisir pembuangan limbah dapur. Berikut ini beberapa cara menyimpan sayur dan buah yang benar.

1. Jangan mencuci buah

Sebelum disimpan dalam kulkas sebaiknya jangan mencuci buah agar tak cepat busuk. Buah-buahan bisa disimpan dalam rak terbuka di bagian tengah. Tidak semua buah bisa disimpan dalam lemari es. Buah seperti pisang, alpukat, melon dan jeruk sebaiknya cukup disimpan dalam suhu ruang.

Untuk buah yang sudah dipotong, Anda bisa memberi perasan air lemon untuk menghambat oksidasi. Sehingga warna buahnya tetap segar dan tak berubah menjadi kecokelatan. Selain itu buah yang sudah dipotong juga bisa ditaruh wadah dan ditutup dengan plastik wrap.

2. Simpan buah dan sayur secara terpisah

Agar sayur dan buah yang Anda beli tetap segar sebaiknya jangan disimpan dalam satu tempat. Ini dikarenakan ada banyak buah yang menghasilkan gas ethylene yang bertindak sebagai hormon pematangan sehingga bisa mematangkan dan merusak sayur.

Gas ini biasanya dihasilkan oleh buah pisang, alpukat dan persik. Sehingga lebih baik simpan buah dalam wadah terpisah. Dan masukkan sayuran dalam wadah tersendiri. Untuk sayuran yang berkecambah seperti tauge bisa disimpan dalam wadah berisi air.

3. Bekukan

Untuk membuat sayur atau pun buah lebih tahan lama cara mudahnya adalah dengan membekukannya. Dengan dibekukan, kandungan gizi dari sayur dan buah dapat terjaga. Bukan dibekukan, untuk menyimpan jamur sebaiknya dipotong-potong terlebih dulu dan masukkan ke dalam wadah kemudian beri air dan simpan dalam freezer hingga membeku.

4. Bungkus dengan kertas aluminium

Biasanya ketika kita menggunakan daun seledri selalu menyisakan beberapa batang yang sayang kalau dibuang. Agar tetap segar, bungkus sisa daun seledri dan batangnya dengan kertas aluminium dan simpan di kulkas. Cara ini bisa membuat seledri tetap lembab dan tahan disimpan hingga dua minggu.

5. Simpan kentang bersama apel

Jika dibiarkan beberapa hari seringnya kentang tersebut tumbuh tunas. Untuk mencegahnya, simpan kentang dan apel dalam wadah yang sama di dalam kantong kertas yang berlubang. Kemudian simpan di tempat yang sejuk dan kering.Kentang tidak akan bertunas, karena ada gas yang keluar dari buah apel. Sangat tidak disarankan menyimpan kentang dalam kulkas karena akan membuat kentang cepat bertunas. Kentang bertunas dan kehijauan tidak baik dikonsumsi karena bisa saja mengandung racun. [lp6-cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT