Xpander Kalahkan Jualan Avanza, Mitsubishi Santai

Ahad, 20 Januari 2019 - 08:28:04 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - PT Toyota Astra-Motor baru meluncurkan New Avanza dan Veloz 2019, untuk pabrikan penyegaran merupakan cara untuk terus eksis berjualan di pasar otomotif. Salah satu kompetitornya, Xpander juga terus melakukan strategi untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Bila berkaca pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama periode Januari-Desember 2018, memang Avanza masih menjadi nomor wahid. Tercatat sebanyak 82.167 unit Avanza terjual. 

Sementara Xpander dalam 12 bulan kiprahnya di industri otomotif Indonesia berhasil merangsek ke tempat kedua mobil terlaris di bawah Avanza. Total 75.075 unit Xpander terjual.

Xpander di beberapa bulan tahun 2018 sempat menyerang Avanza dengan menjadi mobil terlaris. Tapi pada setahun penuh, titel mobil terlaris di Indonesia direbut Avanza.

Menanggapi hal ini Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono mengatakan tidak melulu menjadi nomor satu, yang paling penting adalah kepuasan konsumen.

"Xpander masih di posisi 2 di kelas MPV di bawah Toyota. Bukan menjadi yang pertama yang terpenting tapi kepuasan konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka," ungkap Kono saat grand launching diler penjualan atau 1S di Wisma Keiai, Jl. Jend Sudirman Kav 3-4, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/01/2019).

"Kami senantiasa berkomitmen untuk membahagiakan konsumen melalui produk kami. Tidak hanya di segmen penumpang tapi juga di segmen niaga. Kepuasan dan kebahagiaan kostumer menjadi yang utama, maka ada aktivitas lain seperti Tons of Real Happines," tambahnya.

Lebih lanjut Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan sebenarnya Xpander lebih mendominasi penjualan LMPV karena hanya mengeluarkan varian mesin 1.5.

"Persaingan Xpander dengan Avanza tidak selalu sama yakni segmentasi kita di middle high 1.5 lebih mendominasi. Kalau di sisi middle low 1.3 mereka lebih unggul, aftersales juga sangat penting," ujar Kuncoro.

Untuk menambah jaringan konsumen, saat ini Mitsubishi tengah membangun jaringan diler yang tersebar di wilayah Indonesia. Saat ini sudah tersedia 124 diler dari target 143 hingga Maret 2019. [dtk]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT