DPRD Meranti Tinjau Gedung Baru Puskesmas Alah Air

Sabtu, 19 Januari 2019 - 18:48:36 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Selasa (15/1/2019) meninjau hasil pengerjaan gedung baru UPT Puskesmas Alah Air, Kecamatan Tebing Tinggi.

Gedung yang pengoperasionalanya baru diresmikan pada 19 Desember 2018 lalu dan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti ke-10 itu, saat ini telah ditempati atau di operasionalkan. kata Hafizan Abbas.

Anggota Komisi III yang turut melalukan peninjauan itu diantaranya adalah Hafizan Abbas, Asrofi, Yekti Handayani, Ma’aruf Safe’i, dan Abdul Aziz, disambut langsung oleh Kepala Puskesmas Alah Air dr. Sista Nurmala, dan Kepala Tata Usaha Neni Yati AMK.

Selain meninjau hasil pembangunan sarana dan prasaran kesehatan tingkat puskesmas,Juga dilaksanakan diskusi dengan tenaga medis guna membahas kondisi layanan maupun fasilitas UPT Puskesmas Alah Air yang di gelar di Ruang Kapus UPT Puskesmas Alah Air. 

Dalam diskusi tersebut, dr. Sista Nurmala menyampaikan tentang kondisi UPT Puskesmas Alah Air, seperti terkait tupoksi Puskesmas Alah Air saat ini masih sebagai Puskesmas rawat jalan.

“Puskesmas beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan 14.30 Wib untuk hari Senin sampai Kamis, hari Jumat dari pukul 08.00 hingga 11.00 Wib, dan hari Sabtu dari pukul 08.00 hingga 13.00 Wib,” kata dr. Sista Nurmala.

Dalam kunjungan kali ini, Anggota Komisi III melontarkan beberapa pertanyaan yang merupakan keluhan dari masyarakat, seperti mengenai ada atau tidaknya dokter jaga yang dapat memberikan pertolongan pertama pada pasien pada kasus-kasus yang terjadi diluar jam kerja Puskesmas.

Kemudian, terkait keluhan pasien dengan poli gigi, seperti keluhan dari masyarakat yang menyatakan bahwa di UPT Puskesmas Alah Air hanya dapat melakukan pelayanan cabut gigi dan tidak dapat melakukan perawatan gigi lainnya seperti tambal gigi atau bersih karang gigi.

Menurut penuturan dr. Sista Nurmala, dikerenakan keterbatasan UPT Puskesmas Alah Air tidak bisa memenuhi beberapa bentuk pelayanan tersebut.

Usai diskusi, Anggota Komisi III selanjutnya melihat sejumlah ruangan, peralatan kesehatan dan pelayanan UPT Puskesmas Alah Air. Ruangan yang dikunjungi yaitu Ruangan IGD, tempat pendaftaran, Ruang Lansia, Ruang Rekam Medik, Pemeriksaan Umum, Ruang PKPM dan Anak, Laboratorium, Ruang TB, Ruang Kia KB dan Imunisasi, serta Ruang Farmasi.

“Dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan, bersilaturahmi sekaligus melihat kondisi gedung, serta proses pelayanan masyarakat dan kinerja pegawai Puskesmas,” ungkap Hafizan. [rls]
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT