Debat Presiden: Prabowo Janji Naikan Tax Ratio 16 Persen

Kamis, 17 Januari 2019 - 22:26:05 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Calon Presiden Prabowo Subianto menilai salah satu akar masalah dari kasus korupsi di tingkat pejabat negara lantaran kecilnya gaji para PNS. Untuk itu dia berjanji akan menaikkan gaji para PNS.

Menurut Prabowo gaji para PNS saat ini masih jauh dari kata sesuai. Sehingga para pejabat negara rawan untuk tergoda korupsi.

"Berkali-kali saya utarakan akar masalahnya adalah bahwa penghasilan para PNS birokrat kurang, tidak realistis. Kalau saya pimpin negara ini saya akan perbaiki kualitasnya," ujarnya dalam Debat Pilpres 2019 di Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Lalu dari mana uangnya? Prabowo menjelaskan, pihaknya akan meningkatkan pemasukan negara dari sisi pajak. Salah satu upayanya dengan meningkatkan rasio pajak (tax ratio).

"Saya akan tingkatkan tax ratio yang sekarang 10% bahkan lebih rendah. Saya kembalikan ke 16% berarti US$ 60 miliar lebih," terangnya.

Dengan bertambahnya pemasukan negara itu, Prabowo yakin bisa meningkatkan gaji seluruh PNS termasuk para pejabat negeri.

"Kalau dia masih korupsi kita akan tindak sekeras-kerasnya. Kalau perlu kita contoh negara lain kita atur untuk ditempatkan di pulau terpencil," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga akan menambah anggaran KPK. Tujuannya agar KPK bisa semakin kuat sehingga bisa memberantas korupsi."Kami akan buat KPK-KPK di daerah. Kami akan tambah anggaran KPK," tegasnya. [dtf]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT