Camat Palika : Pencak Silat Lintau Perlu Dilestarikan

Ahad, 30 Desember 2018 - 22:48:13 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Camat Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau, menghadiri acara penamatan Pencak Silat Lintau, Minggu (30/12/2018) di halaman MI Uswatun Hasanah Dusun Sungai Sampai Niat Kepenghuluan Panipahan.

Idris dalam sambutanya menyampaikan,    dengan adanya organisasi Silat Lintau di Kecamatan Palika ini, akan memberikan wadah bagi generasi muda untuk membekali diri yang sehat dan mempunyai keterampilan bela diri, yang pada akhirnya akan menjadi generasi muda yang tangguh untuk menapak masa depan yang lebih baik. 

Diungkapkannya, keberadaan seni pencak silat ini sudah mulai kurang diminati, terutama generasi muda. Padahal di dalam pencak silat tersirat nilai-nilai luhur tentang kehidupan yang patut terus diwariskan.

Generasi muda  saat ini lanjutnya banyak tertarik dengan budaya luar, yang terkadang tidak sesuai dengan adat istiadat dan budaya Indonesia, merupakan ancaman bagi kaum muda.

Lebih lanjut, Idris menyebutkan agar para generasi muda yang tergabung  dalam Organisasi Pencak silat Lintau  untuk mengibarkan kejayaan seni pencak silat sebagai upaya melestarikan budaya bangsa terutama adat tradisi melayu khususnya di Bumi Lancang Kuning.

Camat juga mengucapkan selamat, dan jangan mudah berpuas diri, teruslah belajar, sesuai dengan tujuan seni pencak silat Lintau mendidik manusia berbudi dan mengajarkan bela diri pencak silat. 

Pencak Silat selama ini dikenal sebagai seni bela diri yang berkembang di Indonesia sejak lama, bahkan di jaman pejajahan Belanda,  silat Lintau sudah ada dan berkembang di masarakat.

Sayangnya bela diri yang konon berasal dari nenek moyang tersebut, dari tahun ke tahun popularitasnya khususnya di Palika semakin menurun bahkan di seputar kota sekitarnya.[mustar]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT