Sekda Bengkalis Buka Musda V LAMR Kabupaten Bengkalis

Rabu, 26 Desember 2018 - 23:43:01 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com – Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke-V Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Bengkalis, di Gedung LAM Riau Kabupaten Bengkalis, Rabu (26/12) pagi.

Kedatangan Sekda di Gedung LAM disambut dengan kompang dan diarak serta disambut dengan pencak silat. 

Usai membacakan amanah Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Bustami HY kemudian membuka Musda V LAMR Kabupaten Bengkalis ditandai dengan pemukulan tetawak.

Sekretaris Daerah Bengkalis membacakan sambutan tertulis Bupati Bengkalis mengatakan adat, ulama dan umara (pemerintah) tak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, karena adat menjadi salah satu pilar dari tungku tiga sejarangan atau yang disebut dengan tali berpilin tiga.

“Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat yang merupakan bagian dari rumpun melayu di Kabupaten Bengkalis, adat merupakan aspek fundamental yang tumbuh dan mengakar dalam kehidupan manusia. Adat juga menjadi sumber inspirasi dan pedoman bagi masyarakat dalam bersikap dan berprilaku. Hampir di semua gerak dan perjalanan kehidupan orang melayu, adat istiadat, corak ragam budaya selalu mewarnainya,” kata Bustam

Dikatakan mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Bengkalis itu, keberadaan LAM Riau diharapkan senantiasa mendukung Pemerintah Daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan di segala bidang, terutama dalam bidang pelestarian dan pengembangan kebudayaan melayu di Kabupaten Bengkalis.

“Semoga dengan Musda ini mampu membawa angin segar bagi perkembangan organisasi LAM Riau Kabupaten Bengkalis dan senantiasa dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Musda LAM Riau Kabupaten Bengkalis tersebut, Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Datuk Seri Al Azhar, Ketua LAM Riau Kabupaten Bengkalis H. Zainuddin Yusuf, Ketua Dewan Pengurus Harian LAM Riau kabupaten Bengkalis, H. Hermizon, Sekretaris Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Sutarno, Kakan Kemenag Kabupaten Bengkalis H. Jumari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis H. Heri Indra Putra, serta sejumlah Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan pengurus LAM Riau Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. [rudi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT