Bupati Sukiman Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Senin, 01 Oktober 2018 - 22:51:11 WIB
Share Tweet Google +

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

loading...

Metroterkini.com - Saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Kantor Bupati Rohul di Pasir Pangaraian, Senin (1/10/2018) pagi, Bupati Rohul H. Sukiman, mengajak masyarakat terutama generasi muda agar memaknai momentum Hari Kesaktian Pancasila.

Memaknai Hari Kesaktian Pancasila bertepatan 1 Oktober 2018, bukan hanya sebatas acara seremonial saja, namun harus benar-benar dipahami dan dijadikan dasar dalam bermasyarakat.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema "Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa‎", dihadiri‎ dari berbagai kalangan mulai prajurit dari Kodim 0313/KPR, personel Polres Rohul, Satpol PP dan Damkar Rohul, pelajar, PNS serta para honorer di lingkungan Pemkab Rohul.

Juga dihadiri Kapolres Rohul AKBP M.Hasyim Risahondua S.IK, M.Si, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Beny Setiyanto, anggota DPRD Rohul, Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Syahrudin M.Sy, serta para tamu undangan lainnya.

Sebagai Perwira Upacara, oleh Danramil 02/ Rambah Kapten Inf Hendra P. Barus, dan Komandan Upacara Danramil 11 / Tambusai Kapten Inf Muhammad Fadil.

Bupati Rohul Sukiman dalam amanatnya mengatakan, bahwa Pancasila memiliki lima ‎sila yang dapat dijadikan dasar dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Dengan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan tetap rukun dan damai, karena Pancasila juga merupakan dasar dan pemersatu bangsa,”

"Nilai-nilai setiap sila harus diterapkan seluruh masyarakat Rohul, khususnya bagi generasi muda, karena nilai-nilai Pancasila sudah sedikit luntur," ajak Bupati Rohul.

Bupati Rohul Sukiman juga menerangkan, bahwa generasi muda juga harus melihat ke belakang, serta sejarah kelam yang pernah dialami bangsa Indonesia. Dimana penghianatan Partai Komunis Indonesia  (PKI) yang ingin merubah ideologi Pancasila, hingga tidak sedikit nyawa para jenderal jadi korban.

Bupati Sukiman berharapk, generasi muda Rohul juga harus mengetahui sejarah, sehingga kedepannya tidak akan terulang lagi kelompok-kelompok yang ingin merubah ideologi Pancasila.

Ditambahkan Bupati Sukiman, bahwa wawasan kebangsaan sangat perlu diterapkan di setiap sekolah, karena saat ini tidak sedikit generasi muda yang mulai melupakan sejarah bangsa Indonesia.
"Saya berharap dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila ini kita bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila ‎dalam menjaga keutuhan NKRI," kata Bupati Sukiman.

Bupati Sukiman juga mengingatkan kembali seluruh elemen masyarakat di‎ Rohul,  agar bisa  tetap menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga proses pembangunan daerah berjalan sesuai harapan bersama. (Adv/Humas)
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT