Pemkab Asahan Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Rabu, 19 Desember 2018 - 21:05:23 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pemkab Asahan Sumatera Utara meraih penghargaan sebagai kabupaten/kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM), yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Asahan, Surya dari Menkumham, Yasona Laoly di Jakarta, Senin (18/12/2018).

Melalui Kadis Kominfo, Rahmad Hidayat Siregar mengatakan penghargaan kabupaten/kota Peduli HAM merupakan predikat istimewa karena memiliki kriteria yang tinggi. 

Ditambahkannya, kriteria untuk mencapai kabupaten peduli HAM didasarkan pada terpenuhinya hak masyarakat atas kesehatan, hak pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan yang berkelanjutan.

Selanjutnya, data yang telah terverifikasi tersebut disampaikan pemerintah kabupaten melalui pemerintah provinsi untuk dilaporkan ke kantor wilayah Kemenkumham.

"Selain indikatornya tinggi, prosesnya pun dijaga ketat kualitasnya" ungkap Rahmad.

“Semoga penghargaan ini menjadikan pemkab Asahan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya berkaitan dengan kepedulian dan penegakan HAM," ungkapnya.

Rahmad juga menjelaskan, saat menerima penghargaan dari Menkumham, Wakil Bupati menyampaikan terima kasih kepada Kemenkumham yang telah memberikan predikat penghargaan kepada pemkab Asahan.

"Mewakili masyarakat Asahan, saya sampaikan terima kasih kepada Kemenkumham karena telah memberikan predikat ini, dan penghargaan ini tentunya merupakan hasil kerja komitmen bersama,” ungkap Surya di Jakarta.

Pada penghargaan tahun ini, Kemenkumham membagi menjadi empat tingkatan yaitu peduli HAM, cukup peduli HAM, mulai peduli HAM dan kurang peduli HAM bersama 271 Bupati/Walikota di seluruh Indonesia. [Tums]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT