Lantik Kades, Amril Ajak Kades Profesional Kelola Keuangan

Selasa, 18 Desember 2018 - 13:49:57 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin melantik delapan Kades dari Kecamatan Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Siak Kecil, Selasa (18/12/18), setelah sehari sebelumnya melantik 11 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kecamatan Bengkalis dan Bantan. 

Pelantikan delapan kades dari tiga kecamatan ini dilaksanakan di halaman kantor Camat Bukit Batu di Desa Sungai Selari.

Hadir pada pelantikan itu, anggota DPRD dapil Bukit Batu Siak Kecil, Febriza Luwu dan Hj. Aisyah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Yuhelmi, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni, sejumlah pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Juga terlihat hadir Camat Bukit Batu Mulyadi, Camat Siak Kecil Fadlul Wadji dan Camat Bandar Laksamana Afrizal serta unsur Forkopimca.

Kedelapan Kades yang dilantik tersebut, yaitu Iswandi Kepala Desa (Kades) Sejangat, Kecamatan Bukit Batu. Kemudian Masdar Kades Temiang dan H. Atim Kades Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana.

Sedangkan, lima Kades dari Kecamatan Siak Kecil masing-masing Isman Kade Sepotong, Muhammad Nurkholis Kades Sungai Siput,  Zamar Kades Lubuk Gaung, Mesiran Kades Langkat dan Suyanto Kades Bandar Jaya.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam sambutannya menekankan, Kades harus mempelajari peraturan perundangan-undangan. Hal ini agar tidak salah dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

Terlebih-lebih dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang jumlahnya sangat besar. Untuk itu, kades harus meningkatkan kompetensi dan profesional, dalam pengelolaan ADD dan DD.

"Sebab jika tidak profesional dan hati-hati dalam pengelolaan keuangan desa, akan berdampak dalam persoalan hukum," ungkap Amril.

Amril juga menekankan agar Kades berperan ibarat tali, yang merajut dan mempersatukan. Mampu menyatukan seluruh elemen masyarakat, terlebih-lebih dengan para calon kades tak terpilih dan pendukungnya.

Serahkan Tiga Program Strategis Baznas

Usai melantik delapan Kepala Desa dari Kecamatan Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Siak Kecil, Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga menyerahkan bantuan tiga program unggulan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis.

Program strategis yang diberikan secara simbolis kepada masyarakat Kecamatan Bukit Batu itu, yakni program masyarakat sehat, sejahtera dan smart. Secara keseluruhan, jumlah program yang dibagikan untuk empat kecamatan di Kabupaten Bengkalis itu  merupakan dana yang dikumpulkan dari penyalur zakat (muzakki) selama tahun 2018.

Selain Bupati Bengkalis, disaksi Camat Bukit Batu Mulyadi, Camat Siak Kecil Fadhlul Wadji dan Camat Bandar Laksamana Afrizal, Ketua Baznas Bengkalis Ali Ambar turut menyerahkan program strategis itu.

Pada penyaluran zakat periode Desember 2018 ini, ada sebanyak 102 mustahik. Zakat tersebut akan disalurkan di empat titik penyaluran, yakni Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Rupat dan Kecamatan Pinggir. Total anggaran priode Desember yang disalurkan sebesar Rp84 juta.

Sebagaimana diketahui, total zakat yang terhimpun tahun 2018 sebanyak Rp 1.407.943.800. Jumlah dana zakat yang sudah tersalurkan pada tahun 2018 sebanyak Rp885.494.700

Bupati Bengkalis Amril Mukminin memberikan apresiasi kepada pengurus Baznas Kabupaten Bengkalis yang telah bekerja keras mengumpulkan zakat dari Muzakki. 

Amril berharap kedepan dana zakat yang terkumpul dari Muzakki di Negeri Junjungan terus meningkat. Terlebih saat ini, Perda tentang Zakat sudah disahkan, sehingga menjadi penguat bagi Baznas dalam mengumpulkan zakat.

Lebih lanjut Amril Mukminin, memuju program yang diterapkan oleh Baznas dalam membantu masyarakat. “Semoga dengan adanya program ini secara sosial dapat berperan mempererat hubungan persaudaraan, melahirkan solidaritas kehidupan bermasyarakat,  serta secara ekonomi dapat membangun kemandirian fakir miskin & anak yatim,” ungkap Amril Mukminin. [rudi/inf]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT