Syamsuar Ucapkan Selamat ke Presiden RI Atas Gelar dari LAM

Ahad, 16 Desember 2018 - 16:10:48 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Gubernur Riau terpilih yang juga Bupati Siak, Syamsuar mengucapkan tahniah atau selamat atas diberikannya anugrah gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau kepada Presiden RI Joko Widodo. 

"Alhamdulillah tadi telah dilaksanakannya penyerahan gelar adat Presiden Joko Widodo, Datuk Seri Setia Amanah Negara dari LAM Riau," kata Syamsuar kepada wartawan, Sabtu (15/12/18).

Syamsuar menyebut, Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan beberapa kebijakan pemerintah pusat yang diterapkan di Provinsi Riau.

"Tentu diantaranya masalah menanggulangi kabut asap dan mengambil alih Blok Rokan dari tangan asing kemudian dikelola oleh daerah," ujarnya.

Bahkan Presiden Joko Widodo berjanji menjadikan putra daerah Riau sebagai komisaris di perusahaan yang nantinya akan mengelola lapangan minyak Blok Rokan. Dia menuturkan, pemerintah sudah berkomitmen memberikan porsi pengelolaan kepada daerah.

"Komisaris harus diberikan kepada daerah. Ya masa tidak diberi," kata Jokowi di hadapan anggota tim kampanye daerah Provinsi Riau Jokowi-Ma'ruf di Hotel Prime Park, Pekanbaru, Sabtu, 15 Desember 2018.

Jokowi menuturkan, kursi komisaris otomatis diberikan jika pemerintah Riau menerima saham perusahaan pengelola Blok Rokan. Berdasarkan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, daerah dapat memiliki hak kelola atau participating interest sebesar 10 persen. Jokowi mengaku sudah berbicara kepada PT Pertamina sebagai pengelola untuk berbagi dengan daerah.

Pengelolaan Blok Rokan akan diambil alih Pertamina sepenuhnya pada 2021. Sebelumnya blok terbesar di Indonesia itu dikelola Chevron, perusahaan asal Amerika. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT