Suara Misterius di Jateng, Diduga Pesawat Asing  

Jumat, 14 Desember 2018 - 23:08:23 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan suara mendengung yang didengar warga di sejumlah daerah, termasuk Jawa Tengah (Jateng), bukanlah sebuah fenomena alam.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso mengatakan, suara itu diduga berasal dari pesawat yang melintas.

"Itu bukan fenomena alam ya, bukan akibat cuaca," kata Tuban Wiyoso saat dikonfirmasi di Semarang, Jateng, Jumat (14/12/2018).

Menurut Tuban, suara tersebut berasal dari pesawat terbang yang melintas. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan jenis pesawat yang melintas.

"Untuk pesawat yang melintas pada jam tersebut (sekitar pukul 01.00 WIB) bisa minta konfirmasi ke AirNav. Sebab AirNav yang mengurusi lalu lintas pesawat," terangnya.

Pakar penerbangan, Alvin Lie mengatakan, suara tersebut diduga kuat berasal dari pesawat kargo bermuatan besar. baling-baling pesawat yang berputar kencang di udara menimbulkan suara keras hingga terdengar warga, meskipun terbang pada ketinggian 23.000 kaki.

"Kalau melihat alur terbang di 23.000 kaki. Itu pesawat kargo muatannya banyak. Saya tadi juga monitor di Instagram, suara mendengung itu lebih ke suara baling-baling dengan angin," kata Alvin Lie.

Sebelumnya, warga di sejumlah daerah mulai dari Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, hingga Kabupaten Semarang digegerkan suara mendengung dari langit. Mereka menduga suara tersebut berasal dari pesawat, namun wujudnya tak tampak. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT