Dukung Jokowi-Ma'ruf, PAN Dituntut Kadernya Minta Maaf 

Jumat, 14 Desember 2018 - 19:14:31 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com — Seluruh calon legislatif (caleg) partai PAN di Sumatera Selatan yang maju dalam Pileg 2019 terkena imbas atas deklarasi 25 orang yang mengaku sebagai kader partai berlambang matahari itu dengan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 mendatang. 

Hal itu disampaikan Wakil ketua DPW PAN Sumsel Yulianto di Palembang, Kamis (13/12/2018). Dikatakan Yulianto, kepercayaan masyarakat terhadap PAN menjadi menurun sejak deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf dilakukan oleh 25 orang tersebut. 

"Akibat dari perbuatan mereka, caleg dari PAN se-Sumsel kena imbasnya. Ini menimbulkan ketidakpercayaan massa pemilih," kata Yulianto. Ia pun meminta kepada 25 oknum itu untuk meminta maaf atas perbuatan mereka dan memberikan klarifikasi di hadapan publik. 

"Tindakan deklarasi yang mengaku kader itu adalah hal yang memalukan," ujarnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPW PAN Sumsel lainnya, Rudi Apriadi, menerangkan, deklarasi dengan mengklaim nama baik PAN sangat merugikan mereka. Bahkan, hal itu menjadi beban moral bagi seluruh pengurus hingga kader yang lain lantaran sejak awal PAN telah resmi memberikan dukungan secara penuh kepada pasangan Prabowo-Sandi. 

"PAN kita tahu adalah partai pendukung dan pengusung Prabowo-Sandi. Kalau terjadi dualisme tentu akan membingungkan pemilih. Saya yang tidak nyaleg saja jadi bulan-bulanan," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 25 kader Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Selatan menyatakan diri mendukung Joko Widodo-Amir M'aruf dalam Pilpres 2019 mendatang. 

Dukungan itu disampaikan merekadi restoran Rumah Bari Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (12/12/2018). Bahkan spanduk berukuran 5x2 meter juga terlihat dipasangdan bertuliskan "Kader dan Simpatisan DPW Partai Amanat Nasional Sumatera Selatan mendukung Ir H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024". 

Sholahudin, salah satu orang yang mengaku kader PAN DPW Sumsel, menjelaskan, deklarasi itu mereka sampaikan karena merasakan dampak positif dari pembangunan yang dilakukan Jokowi selama menjadi presiden. 

Menurutnya, meskipun hanya 25 kader yang hadir dalam deklarasi itu, banyak kader partai PAN yang lain juga ingin mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf. "Tapi mereka enggak berani mengungkapkan ke publik," kata Shohaludin. [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT