Selain Hobi, Ternak Ayam Bangkok Juga Datangkan Uang

Kamis, 06 Desember 2018 - 21:34:27 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Beternak unggas jenis ayam bangkok dengan memanfaatkan halaman belakang ternyata memberikan keasikan sendiri. Selain menyalurkan hobi juga mendatangkan rupiah yang cukup menjanjikan karena nilai jualnya.

Seperti yang dilakukan Erick Sibarani, warga jalan Jalak Lestari Kisaran Timur Asahan Sumatera Utara, kini ternaknya mulai bertambah banyak jumlahnya.

Dia mengeluti usaha ternak unggas tersebut dari gemarnya melihat ayam yang sering beradu dengan fisik ayam tinggi dan warna hitam kekilatan.

Disamping itu, harga yang relatif bervariasi dari mulai 300 ribu hingga harganya bisa mencapai jutaan rupiah perekornya. 

Beternak ayam bangkok membuat Erick semakin semangat untuk beternak unggas tersebut.

Menurut Erck, Usia ayam bangkok yang lazim diadu oleh para pengemar ayam aduan ini dapat diadu pada usia 8 bulan setelah proses menetas dari cangkang telur yang dieramkan induk ayam bangkok pilihan.

Erick mengatakan bermula dari sepasang ayam bangkok yang diberi oleh keluraganya, kini jumlah ayam tersebut telah bertambah banyak dari proses berkembang biak menjadi puluhan ayam yang siap di pasarkan. 

Erick juga menjelaskan perawatan ayam bangkok ini amatlah sederhana, dengan rajin membersihkan kandang, memberi air minum dan pakan 2 kali sehari pada usia ayam baru menetas hingga 2 bulan menggunakan BR, pada usia 2 bulan hingga 4 bulan menggunakan jagung halus, pada usia 4 bulan hingga 6 bulan menggunakan jagung kasar.

"Awalnya diberi kelurga sepasang ayam bangkok, terus ku rawatlah sampai sekarang. Mudah-mudahan banyak yang tertarik mau beli" ungkapnya, Kamis (06/12/2018). [Tums]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT