Tips Mengembalikan File Terhapus di Whatsapp 

Senin, 19 November 2018 - 23:25:45 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - File hilang di Whatsapp bisa terjadi pada siapa saja. Penyebabnya juga beragam mulai dari update OS smartphone, melakukan flash ulang, kerusakan pada SD card, atau karena kita sendiri teledor dan tidak sengaja menghapusnya.

Kalau kamu mengalami hal itu juga, tenang Jaka punya solusi untuk mengatasinya. Begini cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus di HP android.

Cara mngembalikan pesan WA yang sudah dihapus, jadi kamu enggak perlu khawatir lagi.

Whatsapp sepertinya sudah paham dengan permasalahan dari para penggunanya ini. Oleh karena itu, Whatsapp punya sistem back-up otomatis yang selalu bekerja tanpa kamu ketahui. Coba saja kamu buka menu Settings > Chats > Chat Backup.

Kamu akan melihat bahwa setiap jam 2 pagi Whatsapp akan membackup semua file kamu ke dalam database. File ini akan tersimpan di smartphone kamu selama 7 hari. Datanya akan terus diupdate, dan hanya menyimpan data dari aktivitas kamu selama 7 hari terakhir.

Untuk mengembalikan file Whatsapp yang terhapus ada satu cara yang sangat mudah dan praktis. Berikut langkah mengembalikan file Whatsapp yang terhapus:

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah uninstal aplikasi Whatsapp dari smartphone kamu.

Langkah 2 - Install Whatsapp Kembali
Setelah itu instal kembali aplikasi Whatsapp dan buka aplikasinya. Kamu akan memulai proses dari awal, di halaman awal tap saja Agree and Continue.

Langkah 3 - Registrasi Whatsapp
Selanjutnya, proses verifikasi nomor telepon. Masukkan nomor HP yang kamu gunakan untuk akun Whatsapp. Jika sudah tap Next, dan akan muncul pop-up konfirmasi pilih OK.

Langkah 4 - Verifikasi Nomor
Untuk verifikasi nomor ini Whatsapp akan mengirim kode OTP ke nomor telepon kamu. Tunggu saja sampai prosesnya selesai, karena ini akan berjalan otomatis.

Langkah 5 - Setelah proses verifikasi selesai, Whatsapp akan mendeteksi apakah di HP kamu tersimpan file back-up. Jika ada maka akan muncul halaman Restore Backup. Maka kamu pilih Restore.

Langkah 6 - Tunggu Proses Restore
Tunggu hingga proses restore selesai, jika sudah tap Next untuk melanjutkan langkah mengembalikan file Whatsapp yang terhapus.

Langkah 7 - Selesai
Langkah terakhir adalah Whatsapp akan menampilkan foto serta nama profile kamu. Kamu bisa mengubah atau lanjut dengan tap Next.

Tunggu hingga proses loading selesai dan kamu akan masuk ke ruang chat Whatsapp. Semua data termasuk foto, video, chat, dan rekaman suara akan kembali ke aplikasi Whatsapp kamu.

Nah, begitu cara mengembalikan file WA yang terhapus lama di HP android. Agar tidak terjadi lagi sebaiknya kamu backup semua data ke Google Drive. Jadi semua data kamu akan tersimpan meskipun kamu bergonta-ganti HP. [***]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT