Banjir, PUPR Bersihan Drainase dan Selokan

Kamis, 15 November 2018 - 22:35:55 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru beberapa hari terakhir ini membuat sejumlah kawasan terendam banjir.

Akibat hujan deras air yang ada di drainase melimpah hingga banjir mengenangi badan jalan dan pemukiman warga di sejumlah titik di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi kepada metroterkini.com, Kamis menyampaikan. "Hujan tadi malam dan beberapa hari terakhir ini membuat Kota Pekanbaru dilanda banjir dadakan, akibat beberaa titik tergenang air hujan," tuturnya.

Untuk itu, PUPR melalui program jangka pendek dalam mengatasi terjadinya banjir dengan melakukan pembersihan drainase. "Kita bersihkan drainase yang dipenuhi sedimen dan sampah," tambahnya.

Selain itu, juga melakukan pemeliharaan dan pembersihan terhadap gorong-gorong yang tersumbat oleh sedimen maupun sampah. Juga melakukan pemeliharaan terhadap anak-anak sungai secara manual, maupun alat berat agar debit air bisa lancar sampai ke sungai.

Lanjut Indra Pomi, perioritas utama adalah dititik yang rawan terjadinya banjir atau genagan air. "Program jangka panjang kita adalah menata ulang drainase, box dan lain-lain agar dapar menampung debit air. Sebab sebagian besar drainase tidak lagi mampu menampung curahan air hujan dan berkurangnya daerah resapan akibat alih fingsi lahan menjadi pemukiman masyarakat".

"Harapan kita kedepannya adalah dengan adanya program jangka pendek dan panjang ini Kota Pekanbaru tidak lagi dilanda banjir atau genangan air sejenis," katanya.

Selain itu, mantan Kadis PUPR Kampar ini juga menyampaikan, agar masyarakat Kota Pekanbaru bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. "Mari kita sama-sama bergotong royong untuk memelihara lingkungan dengan cara membersihkan selokan serta drainase". [chan]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT