Pesan Presiden Joko Widodo untuk Kaum Milinial di Medsos

Jumat, 02 November 2018 - 01:23:55 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Main media sosial (medsos), khususnya buat generasi muda atau milenial, adalah hal lumrah. Nah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya pesan penting terkait penggunaannya.

Pesan berupa imbauan itu dilontarkan Jokowi usai meresmikan Kawasan The Telkom Hub di Gedung Telkom, Jalan Gatot Subroto, Kamis (1/11/2018). Usai peresmian tersebut ia meninjau ruangan Jakarta Digital Valley (Jakdiva) dan bertemu para milenial.

Salah satu imbauan dari Jokowi di hadapan para anak muda milenial itu adalah mengenai penggunaan medsos. Ia berpesan agar mereka bijak saat bermain media sosial.

"Gunakan media sosial itu untuk perubahan yang baik. Mengubah pola pikir, mindset, paradigma, sehingga manfaat keterbukaan, manfaat digitalisasi, digital ekonomi, betul-betul memberi manfaat pada bangsa dan negara kita," kata Jokowi.

"Jangan sampai yang muncul di medsos ujaran kebencian, ujaran fitnah, hoax dan saudara-saudaranya, ya saudaranya hoax. Ini penting karena teknologi yang ada sekarang ini harus diikuti oleh standar moralitas yang tinggi," ucapnya.

Sebelum itu, Jokowi juga menyebut bahwa generasi muda atau kaum milenial bakal menjadi ujung tombak dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi. Hal itu ia rasakan benar saat berkunjung ke Sillicon Valley di Amerika Serikat tahun 2015 silam, ketika menjajal langsung teknologi canggih beberapa perusahaan ternama seperti Twitter, Facebook, dan Google.

"Saat itu pandangan saya bahwa perubahan itu sudah ada di depan kita dan begitu sangat cepatnya," ucapnya.

"Siapa yang bisa merespons dengan cepat perubahan itu, tidak ada yang lain. Yang bisa merespons dengan cepat ya ini, yang ada di depan saya ini semua," kata Jokowi menunjuk para anak muda tersebut, disambut tepuk tangan dan sorak-sorai mereka.

Jokowi, yang sibuk meladeni permintaan bersalaman dan foto bersama, juga sempat berkelakar bahwa dalam kunjungannya itu tak bisa mengadakan kuis berhadiah, "karena saya tidak bawa sepeda." [dtk-mtk]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT