Sebut Bela Tauhid Aksi Terselubung, Abu Janda Dilaporkan

Sebut Bela Tauhid Aksi Terselubung, Abu Janda Dilaporkan

Metroterkini.com - Permadi Arya alias Ustad Abu Janda Al Boliwudi dilaporkan ke Bareskrim Polri, karena menyebut Aksi Bela Tauhid sebagai aksi politik terselubung melalui media sosial.

Abu Janda dilaporkan oleh seorang guru asal Jakarta bernama Mintaredja ke Bareskrim Polri, gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018). Mintaredja datang bersama kuasa hukumnya, Muhajir.

"Yang bersangkutan (Abu janda) itu menyampaikan berita bohong atau hoax yang menuduh bahwa Aksi Bela Tauhid beberapa hari yang lalu. Yang ramai dilakukan dibanyak kota Indonesia adalah aksi politik kampanye terselubung kolaborasi dari capres-cawapres oposisi dan ormas terlarang HTI," kata Muhajir.

Mintaredja juga menyerahkan sejumlah barang bukti ke polisi. Barang bukti yang diserahkan salah satunya video Abu Janda yang menyinggung Aksi Bela Tauhid.

"Ada video, bawah yang terlapor itu melakukan statement terkait Aksi Bela Tauhid, video sudah dilampirkan. Ada screenshoot yang dimuat beberapa media. Ada delapan bukti yang kita serahkan," terang Muhajir.

Pelaporan itu tercatat dalam surat laporan polisi nomor: LP/B/1417/XI/2018/Bareskrim tertanggal 1 November 2018. Abu Janda dilaporkan atas dugaan tindak pidana penyebaran berita hoax. 

"Melaporkan yang bersangkutan kepada pihak yang berwajib berdasarkan Pasal 14 juncto Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 dan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 1 UU No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik," papar Muhajir. [dtk-mtk] 

 

Berita Lainnya

Index