Para Bupati dan Wako se-Riau Bertemu Menteri Kabinet 

Para Bupati dan Wako se-Riau Bertemu Menteri Kabinet 

Metroterkini.com - Bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih H Syamsuar dan H Edy Natar Nasution serta para Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau, Bupati Bengkalis Amril Mukimin, Selasa, (16/10/18) melakukan pertemuan dengan dua menteri Kabinet Kerja di Jakarta.

Kedua menteri tersebut adalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Bupati Amril menjelaskan, pertemuan itu digelar dalam rangka percepatan pembangunan di Riau. Seperti pembangunan infrastruktur, potensi kelautan, pembangunan jalan tol, pembangunan bandara baru dan sebagainya.

"Dalam pertemuan itu juga dibahas tentang DBH (Dana Bagi Hasil) dan DAK (Dana Alokasi Khusus), investasi, pembangunan kawasan industri dan kepariwisataan," jelas Bupati Amril yang dalam pertemuan tersebut mengenakan pakaian batik lengan panjang warna hitam yang dipadukan dengan kuning keemasan.

Masih menurut Bupati Amril, dalam bincang-bincang yang berlangsung hangat dan penuh rasa kekeluargaan tersebut, juga disepakati bagaimana agar antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat senantiasa bersinergi. Seiring langkah dan bersatu padu dalam meningkatkan daya saing daerah.

Di bagian lain, kata mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini, Menko Bidang Kemaritiman mengajak seluruh masyarakat Riau untuk memerangi narkoba karena merupakan ancaman bagi generasi milineal di daerah ini.

"Beliau mengajak seluruh masyarakat Riau, tidak terkecuali di Kabupaten Bengkalis menjadikan narkoba sebagai musuh bersama. Beliau juga berharap agar pintu masuk narkoba dari luar benar-benar diawasi dengan ketat," ujar Bupati Amril mengutip pesan Luhut Binsar Pandjaitan.

Bupati Amril berharap melalui pertemuan itu, Pemerintah Pusat dapat membantu percepatan pembangunan infrastruktur di Riau, termasuk di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Apalagi Bengkalis merupakan salah satu daerah yang menjadi laman terdepan Indonesia yang berbatasan dengan negara tetangga.

Selain Bupati Amril serta Gubernur Riau terpilih yang juga Bupati Siak H Syamsuar serta Wakil Gubernur Terpilih H Edy Natar Nasution, adapun Bupati dan Walikota di Riau yang ikut pertemuan dengan menteri Luhut Binsar Pandjaitan dan Basuki Hadimuljono tersebut diantaranya, Walikota Pekanbaru H Firdaus dan Walikota Dumai H Zulkifli AS.

Kemudian, Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Bupati Kampar H Aziz Zaenal, Bupati Indragiri Hilir HM Wardan, Bupati Pelalawan HM Harris, Bupati Kuantan Singingi H Mursini, Bupati Rokan Hilir H Suyatno dan Bupati Kepulauan Meranti H Irwan Nasir.

Sedangkan Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto tidak hadir dalam pertemuan dengan kedua menteri menteri Kabinet Kerja tersebut. Menurut informasi yang berhasil diperoleh, Bupati H Yopi Arianto tidak bisa hadir dalam pertemuan itu, karena yang bersangkutan saat ini kondisinya kurang sehat. [rls]

Berita Lainnya

Index