Besok Pengacara Ratna Sarumpaet Ajukan Penangguhan

Ahad, 07 Oktober 2018 - 17:38:48 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin, akan mengajukan permohonan resmi kepada polisi agar kliennya menjadi tahanan kota. Surat akan dikirimkan pada Senin (8/10) besok.

"Permohonan resminya (soal tahanan kota), belum. Senin lah," kata Insank saat dihubungi, Minggu (7/10/2018).

Insank mengatakan salah satu alasan permohonan Ratna menjadi tahanan kota adalah faktor kemanusiaan. Menurut Insank, Ratna sudah tua sehingga dia akan sangat sulit beraktivitas jika berada di tahanan.

"Ya alasan paling mendasar adalah alasan kemanusiaan, dalam hal ini apa sih yang menjadi concern itu, bahwa ibu RS ini usianya sudah lanjut, sampai di usia 70 tahun. Kalau dia di ruang tahanan Polda Metro tentunya dia akan agak sulit beraktivitas," ujar dia.

Insank lantas menanggapi alasan subjektif penyidik soal kliennya yang dikhawatirkan melarikan diri. Insank menegaskan Ratna sama sekali tak bermaksud kabur termasuk saat dirinya hendak pergi ke Chile.

"Ya, alasan ditakutkan melarikan diri itu kan alasan subjektif. Menyangkut persoalan kemarin yang di bandara itu. Ibu RS ini sama sekali tidak ada tujuan melarikan diri, bahkan kami, menurut kami, hanya terjadi miskomunikasi dengan kepolisian," imbuhnya.

Selain itu, Insank juga menjelaskan mengenai inti pemeriksaan lanjutan Ratna pada Sabtu (6/10) kemarin. Kepada polisi, Ratna menyampaikan kronologi penyebaran hoax.

"Itu kan yang digali menyangkut masalah bagaimana kronologis penyebaran hoax itu kemudian apa maksud dan tujuannya, kemudian lagi lebih ke aktivitas ibu RS ini, menyangkut masalah apakah tanggal yang disebutkan di situ berada di Bandung atau di Jakarta, kalau di Jakarta di mana. Itu lah yang digali," bebernya. [***]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT